1.162 Mahasiswa Unsyiah KKN di Pidie

Sebanyak 1.162 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Aceh Pidie. (Foto: Humas Unsyiah)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Sebanyak 1.162 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Aceh Pidie.

Prosesi pelepasan ini dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur, BC., di halaman Biro Rektorat Unsyiah, Minggu sore (8/1). Mereka akan melaksanakan KKN selama sebulan terhitung sejak 8 Januari-11 Februari 2018.

Para mahasiswa ini akan ditempatkan di 231 lokasi pada 9 kecamatan yang meliputi Kecamatan Delima, Mila, Sakti, Mane, Geumpang, Titeue, Tangse, Keumala, dan Kecamatan Tiro.

Alfiansyah menegaskan jika KKN merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di Unsyiah. Menurutnya program ini mampu mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat, sehingga pendidikan yang selama ini diperoleh di bangku perkuliahan dapat diaplikasikan langsung di tengah masyarakat.

“Mahasiswa harus mampu membuat program yang mengangkat keunikan desa. Ajak pemuda, masyarakat, sehingga keberadaaan mahasiswa Unsyiah dapat dirasakan langsung,” ujar Alfian.

Ia juga berpesan agar para mahasiswa dapat melaksanakan KKN sebaik-baik mungkin dan menjaga nama baik Unsyiah di tengah masyarakat. Terlebih lagi setelah mendapatkan akreditasi A, rasa ingin tahu masyarakat terhadap Unsyiah semakin tinggi.
Alfian pun berharap agar mahasiswa dapat menjunjung tinggi adat istiadat daerah setempat, bergaul di tengah masyarakat tanpa melanggar syariat Islam, serta menunjukkan kompetensi diri yang mumpuni.

Peserta KKN ini terdiri dari mahasiswa yang berasal dari dua belas fakultas di Unsyiah. []