BPJS Lhokseumawe Fokus Terhadap Penderita Penyakit Kronis

BPJS Lhokseumawe Fokus Terhadap Penderita Penyakit Kronis (Foto: aceHTrend/Mulyadi Pasee)

ACEHTREND.COM, Lhoksukon– Badan Pelayanan Jaminan Kesehatan (BPJS) Lhokseumawe terus melakukan pengoptimalkan Program Rujukan Balik (PRB) terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) penderita penyakit kronis.

“Program itu khususnya penderita penyakit diabetes melitus, hipertensi, jantung, asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), epilepsy, stroke, schizophrenia, Systemic Lupus Erythematosus (SLE),” Kata kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Manna melalui pesan singkat Wahtsapp, Rabu (11/7/2018).

Manna menambahkan, program itu difokuskan terhadap peserta JKN penderita penyakit kronis yang sudah terkontrol/stabil, namun masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan dalam jangka panjang.

Untuk itu, BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe bekerjasama dengan Puskesmas Lhoksukon dan dr.Suhaemi, Sp. Pd, serta Apotek Pusaka Farma menggelar acara edukasi serta konsultasi bagi peserta JKN yang mengalami penyakit kronis stabil di Pukesmas Lhoksukon.

“Para pasien penyakit kronis yang datang hari ini, kita cek kesehatannya dengan dibantu pihak Puskesmas, kemudian mereka berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk ditentukan obat-obat yang dapat mereka ambil langsung tanpa harus dirujuk ke rumah sakit,” Ujarnya.

Manna menambahkan kehadiran dokter spesialis dan apotek, para pasien penderita penyakit kronis stabil dapat langsung membawa pulang obat rujuk balik yang diresepkan dokter saat konsultasi.

“Nantinya pasien dapat langsung mengambil obat di apotek Mitra BPJS Kesehatan sesuai resep obat yang sudah diberikan,” tambahnya.

Menurut Manna, keunggulan program ini dapat memudahkan aksesibilitas masyarakat penyakit kronis yang pada umumnya memiliki kendala untuk mengunjungi rumah sakit.

Nanti setiap pasien dapat langsung mengambil obat di apotek dengan membawa bukti resep dokter yang tertera dalam buku kepesertaan Program Rujuk Balik.

Manna menjelaskan, ada 5 Apotek pemberi pelayanan PRB yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, diantaranya Apotek Rembege di Takengon, Kimia Farma Bireuen, Kimia Farma Darsa dan Doua Husada Lhokseumawe, serta Apotek Pusaka Farma Aceh Utara.

Untuk sementar ini jumlah peserta PRB Cabang Lhokseumawe yakni Diabetes Melitus 2.564 jiwa, Hipertensi 1.224 jiwa, Jantung 312 jiwa, Asma 281, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) 26 jiwa, epilepsy 219 jiwa, stroke 33 jiwa dan schizophrenia 9 jiwa. Sedangkan penderita Systemic Lupus Erythematosus (SLE) tidak ada.[]

Wartawan : Mulyadi Pasee
Editor : Irwan Saputra