Petugas KPK Datangi KIP Aceh, Ada Apa?

Ruang pertemuan KIP Aceh @Fauzi Cut Syam/aceHTrend

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Tiga petugas Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) siang tadi mendatangi kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh. Namun kedatangan mereka untuk memberikan bimbingan teknis (bimtek) e-filling pada aplikasi e-LHKPN (Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara) untuk bakal calon anggota anggota Dewan Perwakilan Daerah peserta pemilu 2019 di Aceh yang bekerja sama dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Rabu (11/7/2018).

Anggota tim Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK, Rika Krisdianawati, kepada aceHTrend mengatakan, kedatangan mereka untuk memberikan bimtek yang dihadiri para bakal calon anggota DPD maupun tim pendampingnya masing-masing calon.

Rika juga mengatakan, dalam pertemuan tersebut pihaknya menjelaskan secara rinci alur pengisian e-LHKPN yang menjadi syarat wajib bagi peserta pemilu 2019 mendatang.

“Kegiatan ini kita lakukan sesuai aturan dalam PKPU Nomor 14 Tahun 2018, di mana disebutkan semua calon penyelenggara negara untuk mendaftarkan laporan harta kekayaannya kepada negara, untuk DPD dilakukan sebelum pendaftaran calon. Sedangkan untuk DPR RI dan DPRD dilakukan setelah terpilih sebelum dilantik sebagai anggota legislatif,” ujar Rika kepada aceHTrend di aula KIP Aceh, Banda Aceh.

Mengenai waktu pelaksanaan kata Rika, sebenarnya KPK membuka loket khusus pelaporan LHKPN sampai 19 Juli 2018. Namun karena pihaknya sedang ada kegiatan di Aceh dalam beberapa hari ini maka agendanya disesuaikan.

Sementara itu sekretaris KIP Aceh, Darmansyah, kepad aceHTrend mengatakan, bimtek ini merupakan agenda rutin KIP Aceh setiap periodenya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan bakal calon anggota DPD dalam menerima informasi terkait tata cara pengisian e- LHKPN yang menjadi syarat wajib bagi bakal calon.

“Karena jarak yang lumayan maka untk memudahkan para calon anggota DPD, kami bekerjasama dengan KPK menyelenggarakan kegiatan ini di Aceh, dan ini akan sangat membantu mereka,” ujar Darmansyah.

Selain Rika, dua petugas lainnya yaitu Denny Setiyanto (Spesialis Muda KPK) dan Adi Ashari (Staf Data Entry). Sebelumnya, pagi tadi KPK juga memberikan bimtek serupa untuk kalangan internal Universitas Syiah Kuala.[]

Wartawan : Fauzi Cut Syam
Editor : Ihan Nurdin