KPK dan Kertas Memo Kuning

Tidak ada yang boleh keluar, kecuali seseorang untuk membeli makanan. Selebihnya semua pegawai berada di ruang masing-masing.

Petugas KPK dengan sigap melakukan penggeledahan. Mencari, dan begitu menemukan langsung di foto, atau diambil dan dimasukkan ke wadah yang sudah disediakan.

Pegawai yang dirasa perlu ditanyai, diambil keterangannya dan diminta kooperatif, bahkan ada yang handphone-nya diperiksa.

“Jika ada yang ketahuan merekam atau sekadar memotret langsung diperiksa hp untuk kemudian dihapus, ” kata salah seorang pegawai yang instansinya didatangi KPK kepada aceHTrend, Kamis (12/7/2018).

Petugas KPK yang dikawal aparat sibuk dengan tugas mereka, mencari, laci-laci diperiksa, termasuk juga memeriksa komputer. Mereka tidak banyak bicara apalagi berusaha bersikap ramah.

Kerja mereka pun terbilang cepat dan terlihat sigap. “Mungkin karena mereka sudah berpengalaman ya,” kata pegawai yang mengaku berada di tempat saat petugas KPK datang.

Pegawai lain lebih spesifik menyebut jika petugas dari KPK juga mengambil kertas berwarna kuning.

“Itu biasanya kertas memo yang biasanya datang dari atasan,” kata yang lain.

Diceritakan juga jika petugas KPK tidak mau disediakan minum atau makan, mereka menyiapkan sendiri semua keperluan mereka.

“Mereka pun jika ditegur tidak bersikap ramah, kaku meunan,” kata yang lain sambil meminta untuk tidak ditulis namanya.

Setelah dirasa cukup, barulah petugas KPK meninggalkan lokasi.[]