Ratusan Warga Aceh Singkil Hadiri Muzakarah Internasional

ACEHTREND.COM, Singkil – Sekitar 500 warga yang tergabung dalam Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT) Aceh Singkil mengikuti Muzakarah Ulama Sufi Internasional di Banda Aceh pada 13-16 Juli 2018.

Wali Nanggroe MPTT Aceh Singkil Ustaz Isnin mengatakan, kafilah Aceh Singkil telah berangkat kemarin menggunakan empat unit bus dan puluhan kendaraan pribadi.

“Tujuan mereka ramai-ramai datang menghadiri muzakarah,” kata Ustaz Isnin, kepada aceHTrend, Kamis (12/7/2018)

Selain itu juga ingin bersilaturahmi dengan para ulama dan menimba ilmu, juga untuk membangkitkan kembali dan mensyiarkan paham kesufian yang telah lama ditinggalkan umat Islam.

Tauhid sufi kata Ustaz Isnin, salah satu jalan untuk mencapai kedamaian umat di seluruh dunia.

Ia menambahkan, peserta dari Aceh Singkil saat ini telah berada di Banda Aceh, mereka menginap di Kompleks Makam Syiah Kuala, SMP Islam YPUI, dan SDN 28 Kampung Keuramat.

Kegiatan muzakarah bertaraf internasional yang diprakarsai para ulama Aceh tergabung dalam Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT), di samping menghadirkan ulama dari Indonesia juga para ulama dari mancanegara.

Mereka akan membahas tema yang bertajuk “Tauhid Tasawuf Jalan untuk Mencapai Kedamaian Umat Sedunia.”

Salah seorang peserta muzakarah dari Aceh Singkil, Irwan Syahputra Lubis mengatakan, sangat senang bisa berangkat mengikuti muzakarah.

Ia ingin menyaksikan langsung para ulama dari berbagai negara dalam membahas berbagai persoalan keumatan.

Irwan Syahputra berharap agar perhelatan muzakarah nanti berlangsung sukses. Materi yang akan dibahas dinilaisangat urgen, menyangkut pelaksanaan syariat Islam dan berbagai hal tentang Islam dan kemajuan umat lainnya.[]

Wartawan : Sadri Ondang Jaya
Editor : Ihan Nurdin