Israel Serbu Warga Palestina di Masjidil Aqsa

Acehtrend – Pasukan keamanan Israel hari ini menembakkan gas air mata untuk membubarkan warga Palestina yang melemparkan batu ke arah mereka di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem Timur.

Surat kabar the Guardian melaporkan, Sabtu (13/9), polisi mengatakan mereka menutup pintu masjid untuk mengepung warga Palestina. Bentrokan itu kemudian berlanjut di luar kompleks masjid.

Konflik kali ini dipicu oleh Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon yang pekan lalu melarang dua kelompok sipil muslim berpatroli di Al-Aqsa.

Saksi Palestina mengatakan polsi memasuki masjid kemudian melepaskan tembakan peluru karet dan granat sehingga melukai beberapa jamaah dan merusak beberapa bagian masjid.

“Mereka memburu kami dengan granat dan ini berlangsung sejak pagi,” kata muslimah bernama Khadijah Khweis kepada kantor berita AFP dan dilansir koran the Guardian, Sabtu (13/9).

Juru bicara polisi Israel Micky Rosenfeld mengatakan pasukannya memasuki masjid pada pukul 6.45 setelah sebelumnya mendapat kabar warga Palestina akan menyerang umat Yahudi yang akan beribadah.

“Polisi memasuki masjid dan para perusuh bertopeng melempari batu dan kembang api ke arah kami. Kami mengunci pintu utama dan menutup pintu masjid,” kata dia. (Merdeka)

KOMENTAR FACEBOOK