Kajati Ajak Kepala Daerah Berantas Narkoba

ACEHTREND – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Aceh Tarmizi mengajak kepala daerah di provinsi itu merumuskan program pemberantasan narkoba di wilayah tugas masing-masing.

“Kepala daerah juga harus turut merumuskan program pemberantasan narkoba di tempat tugas masing-masing,” kata Kajati Aceh Tarmizi di Banda Aceh, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Kajati Aceh Tarmizi dalam pertemuan dengan bupati dan wali kota se Provinsi Aceh. Pertemuan itu membahas sinergisitas pemerintah provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan pemerintah desa dalam memberantasi peredaran serta penyalahgunaan narkoba.

Kajati Aceh mengatakan, pemberantasan narkoba bukan hanya tugas penegak hukum. Akan tetapi tugas seluruh elemen di Aceh, termasuk kepala daerah, camat maupun keuchik atau kepala desa.

Peredaran dan penyalahgunaan narkoba, kata Tarmizi, telah banyak memakan korban. Narkoba tidak hanya di perkotaan, tetapi juga sudah merambah ke pedesaan.

Selain pemerintah, kata dia, dibutuhkan juga peran serta keluarga. Sebab, keluarga merupakan kunci utama mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Keluarga merupakan sistem filterisasi terkecil dalam kehidupan sosial. Dengan adanya filter dari keluarga, maka narkoba bisa dicegah sedini mungkin,” kata Tarmizi.

Dalam pertemuan itu, sejumlah kepala daerah di Aceh menyarankan dibentuknya tim khusus mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Tim tersebut bekerja secara intensif.

“Dengan adanya tim khusus ini, penyalahgunaan narkoba bisa dipantau secara intensif serta ditindak secara hukum. Tentunya tujuan pembentukan tim ini untuk mewujudkan Aceh Bebas Narkoba 2016,” kata Bupati Simeulue Rizwan NS. (Ant)

KOMENTAR FACEBOOK