UIN Gelar Workshop Penguatan Manajemen Percetakan

ACEHTREND.CO —- Univeristas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Workshop Penguatan Manajemen Kelembagaan Percetakan di Lingkungan kampus Ar-Raniry Banda Aceh, kegiatan tersebut berlangsung 2-3 Oktober 2015 di Aula Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA, Jumat Sore (2/10/2015) dalam sambutannya saat membuka workshop mengatakan, kegiatan ini sangat banyak manfaatnya bagi kita bersama dalam rangka membangun peran dalam ortaker tentang percetakan.

“Kita berharap peserta workshop ini dapat mengikuti materi hingga akhir, sehingga ke depan mencontoh dari bagaimana pengalaman para pemateri. Terutama bagi dosen, yang saat ini bukan hanya tugasnya mengajar saja, tapi juga harus menulis dan jurnal serta buku,” ujarnya.

Rektor menambahkan, saat ini banyak dosen di UIN Ar-Raniry yang telah bergelar doktor, tapi untuk memperoleh gelar professor mereka terhambat karena kurangnya menulis buku, setiap tahun dosen-dosen harus memperkuat dengan penulisan buku.

Kata Farid, ini merupakan kesempatan emas, sejak hari ini hingga masa mendatang dosen-dosen UIN Ar-Raniry dapat menerbitkan buku, mudah-mudahan bermafaat bagi kita semua.

Ketua Panitia Dr. Anton Widyanto menyebutkan peserta workshop ini merupakan utusan dari beberapa perguruan tinggi, penerbitan di Aceh dan unsur mahasiswa, juga diundang perwakilan dari jurnal-jurnal di UIN Ar-Raniry.

“Kegiatan ini diinisisasi oleh keinginan bagaimana kita bisa membuat sebuah lembaga penerbitan yang bermutu dan berkualitas di masa mendatang, seiring dengan perubahan dari IAIN ke UIN Ar-Raniry,” kata Dia.

Hal ini sebenarnya kata Anton adalah mimpi saat ini, tetapi bukan tidak mungkin kita akan mewujudkan di masa mendatang, oleh karena itu kita mengundang beberapa pemateri yang sudah berpengalaman di bidang penerbitan di Lingkungan UIN Ar-Raniry.

Diantaranya Anton menyebutkan, panitia mengudang untuk menjadi narasumber Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Farid Wajdi Ibrahim, Direktur IPB press Dr. Ir. Elang Ilik Martawijaya, MM, Direktur Utama PT Balai Pustaka Jakarta Saiful Bahri, SE, MM, Kepala UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Muliadi Kurdi dan Direktur Asoka Comunications Eka Saputra, S.Sos.I.

“Kita berharap mereka akan menampilkan materi-materi yang berkaitan dengan penerbitan yang bermutu dan berkualitas di masa mendatang, Insyallah UIN Ar-Raniry dapat melahirkan lembaga percetakan dan penerbitan yang bermutu,” tutur Anton.

Sejauh ini kata Anton, produk dari dosen-dosen di Lingkungan UIN Ar-Raniry sudah banyak, tapi mungkin dari segi percetakan atau kualitas isi masih perlu disempurnakan, ini mungkin yang akan kita gali lebih banyak.

Peserta sebanyak 52 orang, jumlah ini tidak banyak, tapi dengan perwakilan beberapa unsur ini dapat memperkuat untuk mengembangkan percetakan di UIN Ar-Raniry di Masa mendatang, tutup Anton Widyanto. [Nat]

KOMENTAR FACEBOOK