Kementerian PU Nilai Irigasi Bireuen Calon Juara Nasional

ACEHTREND.CO —  Tim Widyaswara dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakarta  Ir Soekrasno, Dipl. HE di bantu lembaga The Internasional Commision On Irrigation And Drainage (ICID) Indonesia Nasional Committee Of Icid (INACID), Selasa (20/10/2015) meninjau lokasi bendungan irigasi Nalan Kecamatan Plimbang, Kabupaten Bireuen.

Dalam lawatannya ke Kota Juang, Bireuen tim dari Jakarta disambut oleh Wakil Bupati Bireuen Ir.Mukhtar Abda di Kantor pengamatan Irigasi yang terletak di Kecamatan Pandrah, persisnya tidak jauh dari Kantor Camat setempat, sebelah kiri jalan raya, arah Medan-Banda Aceh.

Usai disambut oleh Wabup Mukhtar, selanjutnya rombongan didampingi Kepala Dinas Pengairan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Bireuen Ismunandar ST, MT turun melihat bendungan  Irigasi Nalan, di Kecamatan Plimbang.

Kepada sejumlah wartawan  Ir. Soekrasno. Dipl.HE mengatakan bahwa dirinya bersama tim sedang melakukan penilaiaan terhadap lima aspek Irigasi di seluruh Indonesia.

Untuk Irigasi di Kabupaten Bireuen mereka akan menilai aspek yang pertama Volume air yang tersedia apakah cukup untuk mengairi kebutuhan pertanian bagi petani di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Jeunieb dan Kecamatan Plimbang, hasil penilaian Tim ketersediaan air sudah cukup bahkan bisa dikatakan lebih untuk mengairi sawah petani di dua kecamatan tersebut, katanya.

Yang kedua kondisi Infrastruktur yang tersedia, hasil amatan Soekrasno dan Tim kondisi Bendungan Irigasi Nalam sudah sangat baik dan terpelihara juga dengan baik, dan aspek yang ketiga adalah bagaimana menyangkut ketersediaan manual Pengoperasian Bendungan Irigasi Nalan yang menurutnya sudah tersedia dan dibukukan serta sudah diterapkan sesua dengan manual operasional yang diharapkan.

Keempat yang dinilai adalah Institusi atau organisasi pengelolanya, yang menurutnya sudah tersedia Mulai dari Kepala Dinas Pengairan, pelaksana teknis dan pengamat Bendungan.

Terakhir adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang menurut Tim Widyaiswara kementerian PU dan Perumahan Rakyat sudah tersedia dan keahliannya pun sudah cukup memadai.

Dengan bisa disimpulkan, “Bendungan Nalan sudah memenuhi ke 5 unsur tadi, mudah-mudahan Bendungan Irigasi Nalan bisa menjadi juara pertama ditingkat Nasional,”ujar Ir. Soekrasno.

Kepala Dinas Pengairan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Bireuen Ismunandar ST, MT menjelaskan, bahwa saat ini Kabupaten Bireuen masuk dalam kompetisi Divisi 2 Iirigasi tingkat Nasional dan kalau mendapatkan juara pada perlombaan tahun 2015 ini, maka Kabupaten Bireuen akan masuk kedalam Divisi utama ke depan, sebutnya gembira.

“Untuk masuk ke Divisi Utama penilainya sudah sangat ketat, biasany di Pulau Jawa mereka petugas operasional jaringan irigasi semua berpendidikan S1, makanya untuk tingkat Nasional juara 1 kebanyakan dari Jawa,” jelas Ismunandar.

Kita harap dengan dukungan dan doa semua pihak Bendungan Irigasi Nalan, di Kecamatan Plimbang, Kabupaten Bireuen, bisa meraih Juara I tingkat Nasional, dan secara khusus Kabupaten Bireuen dan Aceh secara umum akan terus mendapat tempat di peringkat Nasional, tutup Kepala Dinas Pengairan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Bireuen tersebut.

Penulis: Tarmizi A. Gani

KOMENTAR FACEBOOK