Profil Badriah, Pemenang dan Nominator PAA 2015

ACEHTREND.CO, Banda Aceh —Badriah (40) dari Aceh Utara adalah petani dan pembuat batu bata. Tinggal di desa Meunasah Lhok Kec. Muara Batu Kab Aceh Utara. Badriah meraih penghargaan Perempuan Aceh Award (PAA) 2015 yang digelar Rabu (25/11/2015) siang di Gedung BKOW, Banda Aceh. Berikut gambaran sosok Badriah.

Perempuan pejuang ini meski bertubuh mungil tapi pemilik dari semangat yang besar. Pernah nengalami kekerasan dari berbagai pihak. Bahkan, selama konflik Badriah hidup dalam ketakutan dan kerap harus merelakan dagangannya diambil paksa.

Dalam rumah tangganya Badriah juga mengalami kekerasan berlapis yang akhirnya berujung pada keberaniannya utk mengajukan cerai gugat. Badriah pada awalnya juga mendapatkan kekerasan dari komunitas dan aparat gampongnya karena dianggap mengajarkan sesuatu yang tidak lazim dan akan mengganggu kemapanan.

Tapi Badriah tak kenal lelah. Berbekal pendidikan tamatan sltp, Badriah mengakui mendapatkan pendidikan sma nya bersama relawan perempuan untuk kemanusiaan melalui berbagai ilmu tentang pengorganisasian masyarakat. Pengatahuannya berkembang setingkat perguruan tinggi ketika dalam pendampingan LBH Apik Aceh Badriah dilatih untuk menjadi seorang paralegal komunitas.

Saat ini Badriah dengan kesederhanaannya mendonasikan seluruh hidupnya untuk bekerja sebagai pendamping perempuan dan anak di komunitas yang rentan dengan kekerasan dan diskriminasi untuk mendapatkan perlindungan dan keadilan.

Badriah bahkan merelakan rumahnya yang sangat sederhana untuk menjadi shelter atau rumah aman bagi perempuan dan anak korban kekerasan. Keyakinan bahwa ekonomi juga menjadi salah satu faktor pendorong lahirnya kekerasan terhadap perempuan, Badriah juga mulai menggerakkan usaha dikalangan ibu-ibu perempuan kepala keluarga untuk membuat kerajinan dan mengembangkan usaha pertanian.

Badriah juga gigih mendorong pelibatan perempuan dalam perencanaan di gampongnya dengan harapan program-prigram yang terkait dengan pemberdayaan dan perlindungan perempuan dapat di alokasikan dalam anggaran belanja di gampongnya.[]

Editor AT-01

KOMENTAR FACEBOOK