Abu Tumin Bicara Aceh: Dayah, Perbedaan dan Demo (3)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh — Abu Tumin kepada acehtrend mengakui besarnya keberpihakan pemerintah terhadap dayah khususnya ketika sudah ada Badan Dayah sebagai salah satu SKPA Pemerintah.

Meski begitu, menurut Abu Tumin perhatian pemerintah belum sebagaimana yang ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh dayah.

“Rayeuk perhatian pemerintah, khusus jih saat na Badan Dayah. Tapi goh sesuai loem dengan kebutuhan yang diperlukan dayah,” kata Abu Tumin yang masih sangat lancar dalam memberi penjelasan meski sudah berusia 84 tahun.

Abu Tumin kembali mengingatkan umat pada pentingnya memusyawarahkan segala hal yang perbedaan. “Sejak merdeka goh na perkara yang seuleuso dengan demo,” tegas Abu Tumin.

Dalam pandangan Abu Tumin, musyawarah adalah prinsip utama Islam. “Bermusyawarah itu adalah jalan untuk memperoleh petunjuk,” jelas Abu Tumin.

Abu juga mengingatkan agar generasi muda jangan mudah menjadi kuda-kuda pihak lain. “Yang kita sayangkan adalah aneuk muda dapat dikuda-kuda oleh pihak lain,” punkas Abu Tumin seraya kembali mengingatkan pentingnya menegakkan prinsip bermusyawarah dalam menyelesaikan semua perkara.[]

KOMENTAR FACEBOOK