Abu Tumin Bicara Aceh: Pembangunan dan Kepemimpinan Aceh (2)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh — Bagaimana Aceh kini dan lalu dalam pandangan Tgk H. Muhammad Amin bin Tgk Mahmudsyah (84) yang akrab disapa Abu Tumin?

Dalam dialog dengan acehtrend Sabtu (27/11/2015) sore di Banda Aceh itu Abu Tumin menyatakan bahwa Aceh saat ini sama saja dengan Aceh dahulu. Sama-sama punya keinginan membangun negeri Aceh.

“Tentang hai ingin peugot Aceh hana beda Aceh jino ngon Aceh uroe jeh. Sama-sama ingin peugot nanggroe Aceh,” kata Abu Tumin.

Hanya saja yang menjadi perbedaannya adalah dicara menempuh jalan membangun negeri. Menurut salah satu murid Abuya Syech Muda Waly Al Khalidy dan pemimpin Dayah Al Madina tuddiniyah, Babussalam, Blang Bladeh, Bireuen itu, keinginan membangun negeri itu belum nampak dalam kenyataan alias belum lagi sesuai dengan target atau harapan.

Untuk itu, Abu Tumin sangat berharap kepada siapapun yang memimpin Aceh hendaknya Aceh harus lebih baik. Abu Tumin mengelak memberi penilaian terhadap kepemimpinan Aceh saat ini. Dengan diplomatis Abu Tumin menjawab: “U loen tuan hana dalam lingkungan mereka. Jadi hana u loen tuan tuoh brl penilaian.”

Meski begitu Abu Tumin berharap kepada siapa saja yang memegang kendali pemerintahan agar dapat membawa Aceh ke arah yang lebih baik lagi dari masa sebelumnya.

“Aceh beu leubeh got. Beu ek lah deuh bak masyarakat akan suruhan-suruhan yang leubeh meuguntungkan kepada masyarakat baik dalam pembangunan pendidikan atau lapangan kerja, serta lainnya,” kata Abu dalam bahasa Aceh yang sesekali juga disampaikan dalam bahasa Indonesia bernuansa Melayu.

Dalam dialog dengan acehtrend itu ikut hadir Sulaiman Abda, Bustami Usman, dan Abi Daud. Abu Tumin didampingi oleh Tgk Aceh. Abu Tumin ke Banda Aceh dalam rangka menghadiri Raker Inshafuddin, 27 – 28/11/2015 di Banda Aceh. []

Abutumin3

KOMENTAR FACEBOOK