Ketua DPRA Desak SKPA Serius Tangani Banjir

ACEHTREND.CO, Banda Aceh — Ketua Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Tgk H. Muharuddin, Sos,I meminta pemerintah Aceh untuk serius mengatasi banjir. Menurutnya, tingginya curah hujan yang rutin terjadi di berbagai Kabupaten/Kota di Aceh yang berdampak rawannya musibah banjir dan longsor.

“Kami meminta kepada Pemerintah Aceh melalui SKPA terkait agar benar-benar bersinergi dalam meningkatkan kewaspadaan penuh terhadap musibah banjir dan longsor di Aceh. Apalagi musibah banjir Tangse, Aceh Jaya serta daerah lainnya di Aceh yang mulai meresahkan warga,” kata Ketua DPRA, Tgk H. Muharuddin saat ditemui di ruang kerjanya, di gedung DPRA, Banda Aceh, Senin, 30 November 2015.

Politisi muda dari Partai Aceh ini menjelaskan, musibah yang terjadi secara simultan ini terjadi hampir di seluruh Aceh. Pasalnya, kata Tgk Muharuddin lagi, permasalahan banjir dan longsor merupakan Peristiwa yang rutin terjadi ketika memasuki musim penghujan.

“Begitu juga warga yang tinggal di sepanjang daerah aliran sungai dan tebing agar terus waspada, bila perlu sebaiknya mengungsi dulu ke daerah yang aman karena curah hujan dan angin kencang,”ujarnya.

Ia juga berharap, penanggulangan bencana alam diperlukan tindakan cepat dan kerja sama yang baik serta koordinasi dengan berbagai instansi untuk menghindari jatuh korban.

“Harapan kita kepada Pemerintah Aceh melalui instansi terkait seperti BPBA, Dinas Sosial Aceh agar terus bekerjasama dengan melakukan pemetaan terhadap zona banjir di seluruh wilayah Aceh. Paling tidak adanya proteksi dini dalam memberikan bantuan masa panik,”ujarnya lagi.[]

Taufik Ar Rifai

KOMENTAR FACEBOOK