Gading HS: Film Hasan Tiro Perlu, Karena Itu Perlu Bioskop di Aceh

Gading HS dan anak foto by Gading HS

ACEHTREND.CO, Banda Aceh — Wacana penggarapan film layar lebar berlatar belakang Hasan Tiro mendapat tanggapan dari mantan Dewan Juri Aceh Documentary Competion 2014, Gading Hamonangan. Menurutnya, sebagai seorang tokoh sudah patut kisah hidup Hasan Tiro diangkat ke layar lebar. Tapi tentu tidak dalam bentuk fiksi, sebaiknya semacam biografi beliau.

“Film ini selain menambah khazanah film tentang tokoh Aceh juga sarat dengan pembelajaran bagi generasi muda,” kata pria yang pernah memproduseri album Teuku Umar tahun 2010.

Hanya saja menurut penasehat Gabungan Musisi Aceh ini sedikit pesimis film biografi Hasan Tiro dapat terealisasi. Alasannya apalagi jika bukan karena sengkarut jagad politik Aceh yang masih berisik dengan tarung kuasa. “Apa semua yang pernah menjadi pengikutnya dan lawannya rela? Atau bisa jadi malah film ini dapat menjadi framing islah kedamaian Aceh yang hakiki? Wallahualam,,hanya pengikut dan lawannya yang tahu,” kata pria kelahiran Langsa tahun 1971 ini.

Aceh Perlu Bioskop
Menurut produser dan song writer di Aceh itu, ada satu yang menjadi pertanyaan besar, kenapa bisa muncul ide pembuatan film ini di tengah ketiadaan bioskop di Aceh. “Sebagai sebuah gagasan ini patut diapresiasi, dan bagi sineas Aceh mungkin ini dapat menjadi entry point munculnya kembali bioskop di Aceh,” tambah Gading yang baru berulang tahun kemarin, 1 Desember.

Menurut analisis Gading HS, Industri perfilman di Indonesia mulai menggeliat kembali. Aceh saat ini memiliki reputasi yang mumpuni dibidang perfilman melalui keberhasilan sineas-nya dalam kancah nasional. Pemerintah Aceh perlu mulai memikirkan regulasi Bioskop di Aceh, ini dapat menjadi dasar munculnya bioskop di Aceh.

Artinya Aceh mampu memberikan warna baru terhadap penampilan sebuah bioskop yang jauh dari kesan maksiat seperti yang dikhawatirkan beberapa kalangan. Meski belum bisa menjadi destinasi wisata syariah, mungkin Aceh mampu menjadi pioneer Bioskop Syariah.

“Saya yakin kita warga Aceh mampu mencari jalan keluar untuk kehadiran bioskop yang juga sekaligus menjadi representasi kearifan budaya kita,” kata Gading. Semoga film pertama yang diputar di bioskop Aceh adalah film Hasan Tiro ya. []

KOMENTAR FACEBOOK