#MKD, #pertanyaanMKD: Sudirman Said dipuji, MKD jadi bahan dagelan 

Di media sosial, dukungan deras mengalir untuk Sudirman Said, sosok menteri yang berani membongkar keterlibatan anggota dewan yang terhormat dalam praktek korupsi PT. Freeport. Sementara Majlis Kehormatan Dewan (MKD) menjadi bahan lelucon di kalangan para netizen.

Di Twitter, kata-kata yang mendukung  Sudirman Said antara lain dengan kata-kata, Sabar ya Pak Sudirman.

Kehadiran Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said untuk Sidang etik yang membahas dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo oleh Setya Novanto di DPR, Rabu (02/12), menjadi ‘drama’ televisi hari itu dan media digital dipenuhi dengan berita-berita terkait keterangan Sudirman Said dan pertanyaan anggota MKD.

Di Twitter, kata kunci “Sudirman Said” digunakan lebih dari 30.000 kali Rabu (02/12) dan memuncak setelah jam makan siang. Kata kunci “Sidang MKD” juga cukup populer dan digunakan dengan lebih dari 17.000 kali sementara #PertanyaanMKD disinggung lebih 17.000 kali dan menjadi trending topic dunia.

Inilah sejumlah rangkuman percakapan yang di tangkap oleh BBC Indonesia dan AcehTrend di Twitter:

1. Sidang kode etik, atau…

Segera setelah setelah sidang dihujani interupsi, Twitter pun dibanjiri komentar yang umumnya bernada negatif. Salah satunya adalah Pandji Pragiwaksono yang melalui @pandji mempertanyakan esensi sidang. “Ini di sidang #MKD kesannya Sudirman Said yang disidang,” katanya yang kemudian di retweet lebih 80 kali.

“Sidang MKD menunjukkan, jangan sembarangan mengadukan anggota dewan jika tidak ingin dihakimi oleh mereka. Meskipun mereka bersalah,” kata Gading Sahaja melalui ‏@gadingsahaja.

“Menonton live sidang #MKD kok malah pengen nimpuk yang mulia anggota dewan berjubah ya,” kata @goklastambunan.

Lainnya bertanya, “ini sidang MKD atau sidang pembelaan SN yah?” kata @JetVeetlev

2. Sabar untuk Sudirman Said

Dicecar dengan berbagai pertanyaan, Sudirman Said menjadi bintang bagi sebagian netizen. Sejumlah orang mengungkapkan dukungan kepada menteri yang dianggap bersikap tenang dan tidak terpancing pertanyaan-pertanyaan anggota MKD.

“Support Sudirman Said.. You go sir! All respect to you. May Allah bless you..” kata Affri Nala melalui @IamAffri.

“Sabar ya Pak, Sudirman Said,” cuit singkat Krisna Erlangga melalui ‏@KrisnaERLG.

“Udah lama nggak nonton sidang DPR. Lupa rasanya KESEL kayak gini. Sudirman Said yang sabar ya,” kata Famega Syavira melalui ‏@cyapila.

  Sudirman Said/setkab
3. Anda menonton dagelan?

Ketika ada yang menyaksikan sidang dengan serius dan kesal, lainnya memilih untuk menanggapinya dengan ringan.

Akun @UmamNoernonton mengatakan sidang MKD itu mirip dengan menyaksikan Indonesia Lawyer Club atau Ganteng-Ganteng Serigala. “Menguji akal sehat,” katanya.

Sementara yang lain mengatakan, “Lumayan nih sidang MKD DPR jadi bahan ketawaan sore-sore.”
Dan, tampaknya sidang ini betul-betul menjadi bahan lelucon di media sosial. Melalui tagar #PertanyaanMKD, pengguna media sosial menyindir sidang dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan ngawur.

  
“Saudara pengadu, apakah benar Anda tidak memakai celana dalam? #PertanyaanMKD,” kata Lucky Luciano via ‏@gentle_badboy.

“Baik, pertanyaan terkait rekaman, saudara pengadu, Anda tahu siapa nama orang tua pencipta alat rekam? #PertanyaanMKD,” kata Bisot van Bhagasasi via ‏@bisot.

“Sodara pengadu. Ini saya bingung, sebenarnya kita sodara dari mana ya? Coba tolong jelaskan. #PertanyaanMKD,” kata ‏@popokman.

Blogger, Taufik Mubarak @almubarak 

 

 JandaGanjen melalui @Ternoda, “Sodara pengadu, apakah Anda percaya mereka berdua akan ke penghulu ?#PertanyaanMKD.”

Sementara akun @demityang2an menulis, “Saya masih belum paham motif saudara pengadu. ini motif Pekalongan atau Solo?”

KOMENTAR FACEBOOK