Setya Novanto dan Penyesalan Abraham Samad

Kemana Abraham Samad? Apa kegiatannya usai dinonaktifkan sebagai ketua KPK? Entahlah!

Hari ini, kita teringat kembali kepada sosok muda yang memimpin KPK dengan “garang” itu. Kenapa?

Ada satu pernyataannya yang membuat orang berang, apalagi orang yang dimaksudkan yaitu, Setya Novanto yang kini nasibnya berada diujung tanduk.

Apa pernyataan Abraham Samad? “KPK sangat prihatin dan menyesalkan terpilihnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR karena yang bersangkutan punya potensi mempunyai masalah hukum,” ujar Abraham melalui pesan singkat, Kamis (2/10/2014).

Otomatis, pernyataan pedas itu menimbulkan reaksi keras. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo menyayangkan pernyataan Ketua KPK Abraham dan menyebutnya sebagai komentar bernilai politis.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon, kala itu malah menantang KPK untuk menangkap Setya Novanto jika memang berani.

Bagaimana dengan Setya Novanto? Apa komentarnya saat itu? Sebagaimana biasa, politisi Golkar ini selalu tampil dengan jawaban yang adem. “Segala isu kita jadikan sebagai masukan, menjadi kekuatan kita,” katanya dalam sebuah wawancara dengan media, di sela-sela acara potong kurban, di gedung parlemen, Jakarta, Minggu (5/10/2014).

Bagaimana nasib keduanya? Sampai saat ini, Setya Novanto masih aman sebagai Ketua DPR. Golkar dan sekutunya dengan penuh kesetiaan melindungi Setya Novanto dari dugaan pelanggaran etik sebagai pejabat negara. Abraham Samad?

Abraham Samad telah ditetapkan sebagai tersangka pemalsuan dokumen. Penetapan tersangka tersebut pada tanggal 9 Februari 2015. Demikian Edi Sutendi, Humas Polda Sulselbar memberi keterangan di Makasar (17/02/2014).

Konsekuensi menjadi tersangka maka Presiden RI, Joko Widodo dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/2/2015) mengumumkan pemberhentian sementara Abraham Samad sebagai pimpinan KPK.

Begitu perkasakah Setya Novanto sehingga segenap dugaan terkait banyak kasus tidak ada yang bisa mengantarkannya ke bilik jeruji besi, atau membuat dirinya terjatuh dari kursi kekuasaan? Bukankah Setya juga pernah dibidik oleh KPK? Bagaimana nasib bidikan?

Kini, Setya Novanto terkena dugaan kasus Papa Minta Saham. Semalam, melalui sidang MKD, kesaksian rekaman diputar. Banyak yang menduga Setya Novanto sudah tamat nasibnya. Tapi, pelindung yang berdiri tegar disampingnya bahkan beringin gagah siap untuk melindunginya. Dasyatnya politik. Bahkan siap mengabaikan suara rakyat. Duh!

 

KOMENTAR FACEBOOK