Ini Alasan Warga Aceh Surati Presiden Prancis Terkait ISIS dan Suriah

ACEHTREND.CO, Aceh — “ISIS itu sama seperti gerilyawan lainnya berkedudukan di tengah-tengah masyarakat sipil.”

Demikian kata Helmy N Hakim, warga Aceh yang menyarankan agar Prancis mengurangi aksi militernya untuk membalas Daesh (ISIS). Melalui surat yang ditujukan langsung kepada Presiden Francois Hollande, Helmy juga menyarankan agar membuat rencana lebih baik untuk Suriah dan Irak.

Menurut aktivis Aceh itu, operasi pengeboman yang masif terhadap ISIS di luar posisi markas mereka akan menjatuhkan korban sipil

“Setiap korban sipil yang jatuh akan menjadi ‘bahan bakar’ untuk kampanye ISIS merekrut teroris dan ini bahaya buat kita,” kata Helmy menjelaskan alasan suratnya yang mendapat respon cepat dari Presiden Prancis. Kata “kita” dalam suratnya sebagai pesan bahwa terorisme bukan hanya musuh Prancis saja, tapi musuh bersama.

Helmy yang aktif mengikuti perkembangan politik timur tengah itu juga menyatakan bahwa bom dan peluru tidak punya mata yang bisa membedakan korbannya. Selain itu Helmy juga tidak ingin Hollande melakukan kesalahan serupa ISIS.

“Tunjukkan pada rakyat Suriah bahwa Anda bukan Baghdady dan Prancis tidak sama dengan ISIS,” kata Helmy kepada Hollande.

Karena itulah dalam suratnya Helmy menulis: “Saya yakin Anda memiliki rencana yang lebih baik untuk rakyat Suriah dan Iran.” []

KOMENTAR FACEBOOK