Ternyata, Dorce Banyak Kenangan di Aceh. Mau Tahu?

Dorce Gamalama Foto: bintang

dorce-20140712-002-agus_1449249829465ACEHTREND.CO, Aceh — Ingat Dorce Gamalama? Ternyata, artis multi telant ini memiliki banyak kenangan dengan Aceh. Kepada Ria Rosja, artis penyanyi Aceh, Dorce berkisah khusus untuk pembaca aceHTrend.

Menurut Dorce Gamalama, aris serba bisa yang pernah menjadi pelawak, pembawa acara, pemain film dan musik ini, sudah pernah ke Aceh sejak tahun 1977. “Waktu itu saya datang dengan pelawak asal Medan, namanya Udin Lepes,” kata artis kelahiran Sumatera Barat.

Kala itu, Dorce datang untuk menyanyi. Dorce ingat jika saat itu ia bernyanyi pakai rebana. Sayangnya, Dorce lupa nama daerah yang didatanginya. Menurutnya, saat itu Aceh aman-aman saja.

Dorce kemudian datang lagi ke Aceh. Saat itu, Dorce sudah dewasa dan sudah terkenal. Hanya saja kali ini Aceh sudah berbeda dari kali awal pertama ia datang.

Menurut Dorce, saat ia turun di Blang Bintang ada tentara yang jemput. “Aku kaget, ternyata kita di amankan, takut kenapa-kenapa,” kenangnya.

Kepada Ria Rosja Dorce mengaku sempat datang beberapa kali ke Aceh sebelum tragedi tsunami. “Saya bahkan sempat ketiduran nyenyak sekali di Masjid Baiturahman,” kenang artis yang tidak senang untuk di ekspos media ini kepada Ria Rosja.

Dorce punya alasan sendiri kenapa ia tidak suka diekspos. “Setiap aku berbuat baik, jujur aku gak suka di ekpos. Aku selalu berfikir aku baik kadang orang menilai aku salah, apa lagi aku salah. Biarlah semua ini menjadi jalan hidupku. Aku ingin berbuat melakukan tanpa harus di komando. Biar kanan memberi, kiri tak boleh tahu. Kesempurnaan hanya milik Allah, kekurangan pasti milik kita.”

dorce_2_IMG_20151205_002208
Dorce Ikut Angkut Manyat
Minggu pagi, Aceh dilanda gempa yang diikuti tsunami. “Hari seninnya saya langsung berangkat sendiri ke Aceh,” kata Dorce.

Saat itu Dorce naik pesawat Garuda. Sempat transit Batam dan Medan, baru kemudian tiba di Aceh. Dorce berangkat pagi. Tiba di Aceh malam. “Saat itu Aceh gelap, mati lampu,” kenang Dorce.

Sampai di kota, Dorce langsung menuju rumah gubernur. Dorce ingat jika dirinya, juga Najwa Sihab, wartawan Metro TV, sempat tidur di dapur. Dorce juga masih ingat jika saat itu manyat masih tergeletak di mana-mana.

Saat malam Selasa, suasana masih mencekam, dan pada pagi hari Dorce bersama Marlinda Puteh, istri Abdullah Puteh dan bersama Ibu Kapolda melihat pengungsi. “Saat itu saya menangis sejadi-jadinya,” kenang Dorce yang mengaku hanya makan mie instan.

Ada yang disyukuri oleh artis yang dijuluki “entertainer” sejati, Dorce. Soalnya, ia mendengar jika temannya sesama penyanyi, asal Aceh yaitu Rafli, selamat, walau banyak juga saudaranya yang menjadi korban. Selama di Aceh, Dorce juga tidak segan-segan ikut mengangkut jenazah bersama TNI, dan juga ikut berbaur dengan masyarakat.

“Dua tahun kemudian saya balik lagi, dan saya lihat Aceh sudah banyak perubahan,” pungkas pendiri Yayasan Halimatuss’adiyah yang terkenal dengan acara Dorce Show.

Ketika ditanya soal Milad GAM ke 39 termasuk soal bendera Aceh, Dorce memilih tidak berkomentar. “Soal bendera Aceh dan bendera Bintang Kejora bukan hak saya. Biarlah orang menentukan jalan hidupnya sendiri-sendiri. Toh, yang penting di mata Allah, kita sama,” kata Dorce. []

KOMENTAR FACEBOOK