Gubernur Kunjungi Aceh Barat dan Minta Maaf Soal Banjir

ACEHTREND.CO, Meulaboh — Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah, melakukan kunjungan ke  Aceh Barat, pasca dilanda Banjir, Kamis (17/12/2015).

Aceh Barat merupakan salah satu daerah yang terkena musibah banjir terparah di wilayah Barat, Provinsi Aceh. Kedatangan orang nomor satu Provinsi Aceh, ke beberapa lokasi banjir, untuk menyaksikan langsung kondisi Aceh Barat, pasca dilanda musibah banjir dua hari lalu.

Kedatangan Gebernur serta rombonagan, sekitar pukul 12, 00 siang, di sambut langsung oleh Bupati Aceh Barat, H. T Alaidinsyah bersama para penjabat daerah Aceh Barat, di Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat.

Woyla merupakan wilayah banjir yang sangat parah, di sana Gubernur menyaksikan kondisi baik infrasturuktur ataupun lahan pertanian masyarakat, yang porak poranda, disebabkan banjir.

20151217_134950

Usai menyaksikan kondisi di kecamatan Woyla, rombongan langsung menuju ke Kecamatan Kaway XVI, untuk melihat dari dekat jembatan Ulee Raket,  Gampong Sawang Teubee, yang hampir hanyut di seret banjir.

Sementara, dari pantauan aceHTren, Gubernur Aceh,  juga menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Aceh Barat, bantaun tanggap darurat tersebut, diterima langsung Bupati Aceh Barat, di Halaman Mesjid Agung, Meulaboh.

Kepada sejumlah wartawan, di Meulaboh, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan, akan mengupayakan perbaikan atas kerusakan yang terjadi akibat banjir ini. “Kita upayakan anggaran khusus untuk menganangini masalah banjir, nanti dalam anggaran tahun 2016,  termasuk perbaikan jembatan Ulee Raket, Gampong Sawang Teubee,“ kata Zaini.

Untuk memperbaiki lintas Barat Selatan, Pemerintah Aceh perlu koordinasi dengan pemerintah pusat. “Saya juga belum tahu jumlah anggaran untuk menangani masalah ini, yang pasti kedepan akan ada perhatian khusus, untuk masalah banjir,” tambah Zaini.

Ia juga minta maaf kepada warga Aceh, yang mengalami banjir di Aceh Barat, karena baru hadir hari ini ke Meulaboh.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat, H, T Alaidinsyah, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Aceh, yang sebelumnya juga sudah menyerahkan bantuan tanggap darurat ke Aceh Barat, dan saat ini sudah datang langsung, serta dengan bantuan.

“Kedepan kami siap kerjasama dengan pemerintah Aceh, untuk menangani masalah banjir, “ kata bupati Bupati, dalam sambutan singkat, halaman menjid Agung, Meulaboh.

H. T. Alaidinsyah, menilai Aceh Barat hari ini mengalami kerugian ratusan milyar rupiah, akibat bencana banjir, cuma data konkritnya kita belum punya, untuk itu, Ia berharap kepada masyarakat, agar tetap bersabar, menghadapi masalah ini.

Lebih lanjut, kata bupati: “kami dari pimpinan daerah, sangat berharap kepada seluruh masyarakat, agar selalu bersikap ramah lingkungan, kedepan Pemerintah Gampong, dalam  Alokasi Dana Gampong, (ADG)  juga perlu menganggarkan dana, untuk mengantisipasi banjir, di setiap gampong di Aceh Barat,” katanya. []

SZ

KOMENTAR FACEBOOK