Forum Kaper Ombudsman RI Dideklarasikan

Taqwaddin Husin

ACEHTREN.CO, Jakarta — Sebanyak 32 Kepala Perwakilan Ombudsman RI se Indonesia, mendeklarasikan Forum Komunikasi Kepala Perwakilan Ombudsman RI (FOKRI). Forum ini dideklarasikan di sela-sela berlangsungnya Rapat Kerja (Raker) Ombudsman RI tahun 2015 di Hotel Aryaduta, Kamis (17/12) malam.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Aceh Dr Taqwaddin Husin, yang dihubungi via selular, Sabtu (19/12) menjelaskan, dalam deklarasi itu, langsung ditetapkan struktur pengurus periode pertama.

Sebagai ketua, dipilih salah seorang sosok paling senior yakni Sofyan Farid Lembah (Kepala Perwakilan Ombudsman RI Propinsi Sulteng). Sedang Sekretaris Budhi Masthuri (Kepala Perwakilan Ombudsman RI Propinsi DI.Yogyakarta) dan Bendahara Syarifah Eva Rodiah (Kepala Perwakilan Ombudsman RI Propinsi Kalimantan Timur).

Taqwaddin menjelaskan, pendeklarasian forum ini dimaksudkan sebagai bagian dari upaya memperkuat Ombudsman RI secara kelembagaan melalui komunikasi sambungnalar antarsesama dan/atau antara Kepala Perwakilan Ombudsman RI se Indonesia dengan anggota, asisten dan unsur Kesekjenan Ombudsman RI. Sasarannya, forum ini diharapkan memperluas cakrawala pandang, mempertajam analisis, mempertinggi objektivitas serta menghilangkan ego sektoral yang sempit.

Menurutnya, forum ini juga untuk menguatkan sinergi dengan berbagai unsur-unsur lainnya secara positif dan produktif, saling menghargai dan berorientasi untuk kemajuan Ombudsman RI serta peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menjunjung tinggi kejujuran, dedikasi, keberanian, kepeloporan, kecerdasan, kecermatan, keteladanan dan bertanggung jawab.

Taqwadin menambahkan bahwa pembentukan forum komunikasi ini juga tidak akan menghapus jati diri sebagai insan Ombudsman yang telah tertanam dalam diri setiap kepala perwakilan, dan tetap mencerminkan ke-Bhineka Tunggal Ika di dalam bingkai kesetiakawanan dan profesionalisme. Sehingga posisinya menjadi mitra kritis Komisioner Ombudsman RI dan Kesetjenan dalam melakukan kerja-kerja pengembangan, penguatan dan pemberdayaan kelembagaan Ombudsman di Indonesa. []

KOMENTAR FACEBOOK