Jelang Liburan Sekolah, 507 Bacaan MIBARA Dipinjam

ACEHTREND.CO, Banda Aceh —– Menjelang musim liburan sekolah pekan depan, pengunjung memadati lokasi wisata baca MIBARA (minggu baca rame-rame) yang digelar Divisi Pustaka Lembaga Pendidikan RUMAN (Rumah Baca Aneuk Nanggroe) Aceh Minggu (20/12/2015)  pagi tadi di lapangan Blang Padang.

Menurut Direktur RUMAN Aceh, Ahmad Arif yang turut hadir pada kegiatan tersebut, didampingi Nana, Winda dan Wazir yang bertugas mendata pengembalian, perpanjangan atau peminjaman bahan bacaan.

“Dari rekapan tim kita terdata 507 bacaan hari ini dipinjam oleh 97 pengunjung secara gratis untuk sepekan ke depan. Ini merupakan jumlah peminjaman terbesar kedua setalah pada September lalu mencapai 583 bacaan yang dipinjam oleh 158 pengunjung,” ujar Ahmad Arif.

Jumlah peminjaman bacaan tersebut meningkat, lanjut Ahmad Arif karena pekan depan akan tiba musim liburan sekolah semester pertama tahun ajaran 2015/2016. Karenanya, banyak pengunjung MIBARA yang menambah buku yang mereka pinjam.

“Biasanya, angka peminjaman koleksi bacaan MIBARA berkisar pada angka 350 hingga 400 setiap pekannya. Namun hari ini, banyak pengunjung, khususnya keluarga yang menambah pinjaman bacaan untuk buah hati mereka,” ungkap Arif sembari tersenyum.

Bunda Najwa, salah seorang pengunjung MIBARA pagi tadi mengungkapkan hal senada. Putri bungsunya yang masih duduk di kelas 2 SD minta dipinjamkan lebih banyak buku untuk dibacanya semasa liburan nanti.

“Karena ada acara di rumah, Najwa tidak ikut. Tapi, Najwa minta dipinjamkan lebih banyak bacaan. Alhamdulillah, pekan ini kami minjam dua kali lipat dari biasanya. Terima kasih RUMAN Aceh”, ujar Bunda Najwa yang menjadi peminjam pertama dari 98 peminjam saat MIBARA pagi tadi.

Sebagai informasi, MIBARA (Minggu Baca Rame-rame) hari ini telah memasuki edisi ke 61 sejak diluncurkan pertama kali pada 18 Mei 2014 lalu. Setiap pengunjung dimanjakan denga prosedur yang sangat mudah plus akses (baca dan pinjam) gratis terhadap beragam koleksi pustaka RUMAN Aceh.

Diawali dengan koleksi 3.000 buku dan 1.000 majalah koleksi pribadi, kini Divisi Pustaka RUMAN Aceh telah memiliki 9.000 bacaan yang disumbangkan oleh beragam lapisan masyaraka, baik dari dalam maupun dari luar Aceh.[]

KOMENTAR FACEBOOK