Dari Pidie Hijaukan Dunia dan Tumpas Pengangguran


Muhammad Isa (36) (dalam gambar berbaju oblong putih sambil pegang kereta) Warga Desa Pukat, Kecamatan Pidie, kabupaten Pidie adalah pemuda fakir-miskin dan yatim yang awalnya hanya bekerja mocok-mocok. Tidak ada pekerjaan yang tetap digeluti lepasan Panti Asuhan Penyantun Islam Bambi, Kecamatan Peukan Baro, Pidie ini. hari-harinya dihabiskan bekerja serabutan. Kadang Isa, panggilan pemuda murah senyum ini pada suatu waktu bekerja sebagai montir elektronik. Dilain hari, Isa bekerja sebagai montir sepeda motor yang digaji sangat rendah dan tak menentu.

Tapi, hidupnya berubah ketika dia mencoba peruntungan disebuah balai pembibitan pohon di gampong setempat. Flora Nursery, sebuah perusahaan pembibitan segala jenis pohon keras dan lunak yang didirikan Muhammad Awi (masih asoe lhok/pribumi setempat) telah mengubah hidup Muhammad Isa. Sistem bekerja di Flora Nursery yang luwes, friendly dan memiliki sistem kompetisi (siapa yang rajin dia dapat banyak bonus) telah menambat hati Isa untuk terus berdikari di Flora Nursery.

Isa termasuk karyawan Flora Nursery yang masuk grade ‘pekerja keras’, rajin dan ulet. Dari hasil jerih payahnya itu, dia pun sedikit-demi sedikit mampu menabung uang dari hasil bekerja di Flora Nursery. Kini, kalau dulunya Isa kemana-mana harus ngukur jalan pakai telapak kaki, kini Isa sudah mampu membeli sebuah kendaraan roda dua. Dia juga sudah mampu menafkahi keluarganya dari hasil bekerja di Flora Nursery, penyedia bibit terbesar di Aceh yang berada di Gampong Pukat Pidie.

“Saya senang bekerja disini karena pimpinan disini memperlakukan kami (pekerja) seperti keluarga sendiri,” ungkap Isa malu-malu kepada Halim El Bambi dari acehtrend.co.

Isa, satu dari puluhan karyawan Flora Nursery lainya yang direkrut Flora Nursery dari warga kampung sekitar adalah salah satu terobosan Flora Nursery yang komitmen mengurangi angka pengangguran di Pidie.

Prinsip perusahaan yang diterapkan Flora Nursery “menebar benih sambil menebar kebaikan” merupakan salah satu model yang menjadi inspirasi banyak kalangan. Flora Nursery pun kini dikenal sebagai sebuah perusahaan yang sudah banyak sekali menyalurkan jutaan bibit dari segala jenis pohon untuk program reboisasi maupun untuk skala industri berbasis green. Baik dari kalangan pemerintahan maupun NGO/LSM sudah tak terhitung bibit yang dipesan untuk berbagai macam program penghijauan dari perusahaan yang dipimpin Muhammad Awi.

Kini Flora memiliki banyak cabang diseluruh Aceh dan saat ini sedang ekspansi ke Sumatera utara. (Halim El Bambi/Milah Yabmob/Acehtrend.co)

KOMENTAR FACEBOOK