Sulaiman Abda Dukung Keberadaan Dayah Enterpreneur Aceh

ACEHTREND.CO, Bireuen | Sulaiman Abda, Wakil Ketua DPR Aceh dalam kunjungan kerjanya hari ini, Rabu (6/1/2016) sore berkunjung ke Dayah Enterpreneur Aceh (DEA). Di DEA yang berlokasi di desa Beunyot, Kecamatan Juli, Bireuen itu Sulaiman Abda melihat secara langsung salah satu kegiatan DEA, yaitu ternak lembu. Ikut juga dalam kunjungan kerja itu Asisten 1 Pemerintah Aceh, Muzakkar.

“Saya sangat mendukung sisi enterpreneur Dayah dihidupkan. Ini sangat penting untuk masa depan dayah, santri dan daerah setempat, juga Aceh,” kata Sulaiman Abda.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Muzakkar. Menurutnya, pemerintah sangat mendukung semua usaha yang ditujukan untuk memajukan masyarakat, daerah dan Aceh.

“Tadi, kita langsung berdialog dengan Gubernur Aceh dan besok Bapak Zaini Abdullah, Insya Allah menerima President Acheh Strategic Development (ASD) Faundation, Tgk. Nasruddin Ahmad,” katanya kepada aceHTrend.

_IMG_000000_000000

Tgk Nasruddin yang menerima kunjungan kerja Sulaiman Abda dan Muzakkar mengatakan bahwa DEA SMK-ASD diadakan untuk menegaskan bahwa antara pendidikan dan kehidupan tidak bisa dipisahkan.

Selama ini, kata Tgk. Nas, sejumlah Dayah masih menjadi menara gading, untuk itu melalui konsep-konsep yang dikembangkan di DEA SMK-ASD Foundatioan akan dididik bukan hanya untuk bisa menghafal al-quran melainkan menerapkan al-quran dalam kehidupan nyata.

“Para lulusan Dayah Enterpreneur Aceh – SMK ASD Foundation boleh meneruskan pendidikannya, dan kita juga siapkan lapangan kerja serta siap pula membantu dukungan modal usaha,” kata Tgk. Nas.

Menurut Tgk. Nas ASD Foundation, tidak hanya memiliki ternak, tapi juga memiliki lainnya, seperti lembaga keuangan yang kini beroperasi di delapan kabupaten-kota, juga punya ASD mart, Garmen dll.

“DEA memang dirancang beda. Mendidik kader kader ummat yang terampil dan handal memenuhi tuntutan zaman,” katanya.

Tgk. Nas menjelaskan bahwa DEA SMK-ASD Foundation siap dikembangkan di daerah lainnya. Untuk itu, Tgk. Nas memandang perlu adanya dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak.

Saat ini, menurut catatan Badan Dayah, ada 1.062 dayah, 95.032 santri dayah di seluruh Aceh. []

MZK

KOMENTAR FACEBOOK