Prananda Surya Paloh Bilang, Din Minimi Sosok Idealis

ACEHTREND.CO, Medan | Aksi turun gunung Din Minimi mendapat dukungan dari Prananda. Di mata anak pendiri Partai Nasdem dan pimpinan Media Group, Surya Paloh ini, Din Minimi adalah sosok idealis.

Dan, menurut Prananda yang kini menjadi anggota DPR di Komisi 1 membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informatika, apa yang dilakukan oleh Kepala BIN, Sutiyoso patut untuk diapresiasi.

Lantas, apa sarannya bagi Pemerintah Aceh dan pemerintah daerah lainnya? Berikut wawancara aceHTrend dengan Prananda yang saat ini sedang berada di Medan. Yuk ikuti wawancara ekskusif dengan politisi muda Prananda Surya Paloh.

Bagaimana Anda mencermati kasus Din Minimi. Siapa Din Minimi di mata Anda?

Dia adalah seorang idealis, yang tidak menginginan Aceh dalam kondisi yang salah urus.

Apa tanggapan Anda terhadap kerja BIN yang berhasil mengajak turun Din Minimi? Adakah kerja intelijen juga termasuk di dalamnya kerja resolusi konflik?

Saya mengapresiasi langkah persuasif insiatif Kepala BIN bapak Sutiyoso untuk menyelesaikan tanpa letusan senjata dan korban jiwa lebih jauh lagi.

Langkah ini harus disambut dengan memberikan kesempatan melalui amnesti.

Ada yang bilang, jika Din Minimi diberi amnesti maka akan muncul kasus yang sama dikemudian hari, tanggapan Anda?

Ketika negara mengurus daerah dengan baik maka potensi daerah memberontak memisahkan diri /gerakan separatis akan semakin kecil.

Ibarat suami jika istrinya diurus dengan baik baik maka akan bahagia dan tidak mau cerai.

Apa saran Anda kepada Pemerintah Aceh dan pemerintah daerah lainnya agar kasus perlawanan tidak muncul lagi di Aceh atau daerah lainnya di Indonesia?

Saya memimpikan semua Provinsi bisa mendapatkan otonomi penuh. Namun harus disertai pembinaan dan capacity building. []