Silahturahmi Wakil Ketua DPR Aceh ke Sungai Mas Disambut Ratusan Warga

Di Sungai Mas Sulaiman Abda di Peusijuk

ACEHTREND.CO–Aceh Barat | Wakil Ketua DPR Aceh Sulaiman Abda yang didampingi oleh Wakil Ketua DPR Aceh Barat Haji Kamaruddin (HK) dan Tokoh Muda Aceh Barat Zulkifli Andi Govi mengadakan kunjungan ke Gampong Tungkop Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Rabu (13/01/2016). Dalam kesempatan tersebut Sulaiman Abda di sambut oleh Camat Sungai Mas Adnan, Kapolsek Adi Adaflen, Wadanramil Hamdan, Imuem Mukim T. Murdani, Geusyik Gampong Tungkop Muhammad Zein beserta ratusan warga masyarakat.

Perjalanan menuju Gampong Tungkop jika dilalui melalui Kecamatan Woyla sedikit lebih terjal namun keasrian hutan Woyla-Sungai Mas seolah melupakan lamanya perjalanan yang diapit oleh indahnya Krueng Sungai Mas. Tidak hanya menyimpan pesona keindahan alam namun Gampong Tungkop memiliki aset yang menyimpan kekayaan historis yaitu situs bersejarah Makam Pocut Baren seorang Pahlawan Perempuan Aceh.

Sebelum menuju tempat pertemuan untuk mendengar berbagai harapan masyarakat, Sulaiman Abda terlebih dahulu memenuhi undangan makan di salah satu rumah warga gampong tersebut. Kemudian ratusan warga masyarakat yang sudah menunggu pun menyambut Sulaiman Abda dan di peusijuk (tepung tawar) oleh tokoh masyarakat di Mesjid Baiturrahman Gampong Tungkop Kecamatan Sungai Mas.

Geusyik Muhammad Zein dalam sambutannya menyampaikan: “Seingat saya belum pernah terjadi di gampong kami pejabat dari Provinsi berkunjung di gampong kami, baru Pak Sulaiman sebagai Wakil Ketua DPR Aceh yang mengunjungi kami, dengan ini kami sangat berterima kasih atas silaturrahmi bapak hari ini,” imbuh Geusyik Muhammad Zein penuh haru.

Muhammad Zein menyampaikan bahwa sebelum konflik masyarakat digampong ini berprofesi sebagai peternak dan berkebun nilam, namun
pasca konflik hutan gampong tinggal sedikit, sehingga petani tidak lagi menanam nilam karena kawasan hutan lindung, sementara sawah pun masih tadah hujan, banyak pembangunan digampong ini hasil swadaya masyarakat. Gampong Tungkop di diami oleh 415/KK.

Sulaimam Abda dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa petemuan ini menandakan semangat persaudaraan yang besar. “Saya tidak menyangka sambutan masyarakat di gampong begitu kompak, saya berfikir silaturrahim ini hanya dihadiri beberapa warga saja, karena saya maklum masyarakat disini berprofesi sebagai petani dan peternak, tapi saya terharu bapak-bapak dan ibu-ibu mau meninggalkan pekerjaan dan menghadiri silaturrahim ini,” kata Sulaiman Abda.

Sulaiman Abda berharap dan mengajak warga masyarakat Gampong Tungkop yang pada saat konflik merupakan daerah yang begitu rawan agar bangkit dan terus produktif dalam usaha pertanian dan perkebunan. “Menyoe tambang nyan ta wariskan ke aneuk cucoe mantong, jak ta peu udep pertanian dan perkebunan supaya jeut udep perekonomian gampong geutanyoe,” imbuh Sulaiman Abda.

Pertemuan antara Sulaiman Abda bersama masyarakat Kecamatan Sungaimas dalam kesempatan tersebut diisi dengan beberapa masyarakat yang menyampaikan berbagai keluhan dan harapan. (SZ)

KOMENTAR FACEBOOK