SAMAN UI Gelar SAMAN UI Saweu Gampong 2016

ACEHTREND.CO, Banda Aceh | Silaturrahmi Mahasiswa Nanggroe Aceh Darussalam Universitas Indonesia (SAMAN UI) saat ini sedang menggelar agenda tahunan yang bernama SAMAN UI Saweu Gampong (SSG) 2016. Tahun ini, SSG 2016 memiliki tagline “Kontribusi Nyata Untuk Nanggroe”. Rangkaian kegiatan ini dimulai pada tanggal 4-23 Januari 2016 di Aceh. Kegiatan yang dilakukan adalah roadshow ke sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Aceh, lomba cerdas cermat tingkat SMA/MA/sederajat, dan yang menjadi puncak acara adalah Try Out SIMAK UI 2016 beserta pagelaran fakultas.

Roadshow dilakukan di beberapa daerah di Aceh. Pada minggu pertama, roadshow dilakukan di beberapa kabupaten/kota seperti Sigli, Lhokseumawe, Bireuen, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Timur dan Nagan Raya. Pada minggu kedua, roadshow dilakukan di Banda Aceh dan Aceh Besar. Total sekolah yang dikunjungi mencapai 23 sekolah. “Pada roadshow ini, dijelaskan mengenai pengenalan Universitas Indonesia, pilihan fakultas dan jurusan, juga yang paling penting adalah penjelasan mengenai jalur masuk UI.” ujar Armiya, selaku Ketua Pelaksana SSG 2016.

Try Out SIMAK UI 2016 dan pagelaran fakultas merupakan puncak dan acara inti dari SSG 2016 ini. Acara ini diadakan pada hari Minggu, 17 Januari 2016 di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Total pelajar Aceh yang mengikuti Try Out SIMAK UI 2016 berjumlah ± 500 orang, yang terdiri dari pelajar SMA/MA/sederajat di berbagai penjuru Aceh, seperti Banda Aceh, Lhokseumawe, Lhoksukon, Sigli, dan Bireuen. “Antusiasme pelajar Aceh sangat besar, banyak yang penasaran bagaimana soal seleksi masuk ke UI yang terkenal sebagai kampus terbaik di Indonesia.” ujar Armiya.

Namun, rangkaian kegiatan SSG 2016 tidak berhenti sampai disitu. Saat ini sedang berlangsung lomba cerdas cermat tingkat SMA/MA/sederajat yang diadakan di Aula Fatih Bilingual School Putri, Darussalam, Banda Aceh pada tanggal 21-23 Januari 2016. Lomba ini diikuti oleh putra-putri terbaik dari beberapa sekolah di Banda Aceh. Mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika Dasar, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum. Uniknya, Pengetahuan Umum tidak hanya mencakup pengetahuan umum klasik, tetapi juga pengetahuan tentang Universitas Indonesia. Berbeda dengan lomba cerdas cermat lainnya, lomba ini memiliki babak-babak tertentu yang menambah keseruan dan antusiasme peserta. Keunikan lomba cerdas cermat SSG sudah terkenal, sehingga setiap kali lomba cerdas cermat ini dibuat, banyak pelajar Aceh yang antusias untuk mengikutinya. []

KOMENTAR FACEBOOK