Hati-Hati Menggunakan Headset atau Earphone

ACEHTREND.CO, Banda Aceh | Penggunaan gadget dikalangan remaja bila tidak diawasi dan diberi pengetahuan penggunaan yang benar bisa menjadi ancaman bagi remaja, bahkan sangat mungkin bisa memicu munculnya interaksi yang tidak sehat di keluarga dan untuk jangka panjang bisa menjadi ancaman bagi hubungan komunikasi yang lebih luas. Peringatan ini disampaikan dr. Teuku Husni T.R, Sp.THT.KL., M.Kes dalam bincang ringan dengan aceHTrend baru-baru ini.

Dokter kelahiran Bireuen itu menyinggung penggunaan headset atau earphone di kalangan remaja di Aceh, khususnya di kota-kota. “Alat ini sudah menjadi cara trendi bagi remaja saat ini. Padahal, sebaik apapun kualitas headset atau earphone bila tidak digunakan dengan benar bisa membuat kerusakan teliga dan resiko gangguan pendengaran,” katanya.

Menurutnya, faktor orangtua yang tidak paham teknologi tapi karena ingin memanjakan anak maka diberikan permintaan anak dan itu tidak dibarengi dengan kontrol dengan pengetahuan. Padahal, kebiasaan mendengarkan portable music player (PMP), seperti MP3 player, apalagi kerap dalam volume tinggi bisa membuat telinga cedera.

“Jika pendengaran terganggu otomatis interaksi di dalam keluarga dan lingkungan yang lebih luas akan terganggu,” jelas Husni.

Husni mengingatkan potensi cidera telinga dan gangguan pendengaran bukan untuk melarang penggunaan headset atau earphone melainkan untuk mengingatkan agar menggunakan teknologi itu dengan benar sehingga kegunaan teknologi bisa diambil manfaatnya sekaligus terhindar dari cidera telinga dan gangguan pendengaran.

“Kepekaan orangtua untuk mengawasi anak dengan pengetahuan adalah solusi menjaga remaja Aceh dari kemungkinan cidera telinga dan gangguan pendengaran,” katanya.

Tips selanjutnya dianjurkan untuk tidak terus menerus menggunakannya, apalagi dalam volume tinggi, pilih earphone yang cocok dengan telingan, gunakan pada waktu yang wajar, hindari pemakaian di tempat yang bising, jangan pasang terlalu rapat, pilih earphone yang memiliki fasilitas perlindungan telinga. []

KOMENTAR FACEBOOK