Pembangunan STAIN Teungku Dirundeng Dipacu

ACEHTREND.CO, Meulaboh | Pembangunan kampus baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tengku Dirundeng Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh ditargetkan tuntas pada 2025 karena dilakukan secara bertahap.

Nanti area di sekitar kampus Alue Penyareng, Gampong Gunong Kleng Meulaboh pun, kian ramai.
Wakil Ketua I STAIN Tengku Dinrundeng  Meulaboh, Muhsinuddin S,ag  MM di Meulaboh, Jumat (5/2/2016) mengatakan pembangunan kampus baru tersebut diatas lahan seluas 50 hektare berlokasi di kawasan Alue Penyareng, Kecamatan Meureubo, bersebelahan dengan kampus Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh.
“Pembangunannya mulai di­kerjakan awal 2016 ini, untuk target mungkin sampai sepuluh  tahun ke depan baru selesai karena akan dibangun lima fakultas baru secara bertahap sesuai ketersediaan anggaran dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI,” katanya.
Kata dia, untuk rencana pembangunan kampus baru Perguruan Tinggi Islam ini diusulkan secara bertahap mencapai Rp25 miliar, untuk thun ini desain pembangunan telah dirancang memiliki ruang per­pustakaan, ruang dosen, lima fakultas serta sejumlah fasilitas pendukung lainnya.
Adapun lima fakultas tersebut yakni Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Fakultas Usuluddin dan Tafsir, Fakultas Adab dan Humaniora, dan Fakultas Tarbiah dan Keguruan.
Muhsinuddin menyampaikan, setelah kampus tersebut dapat digunakan untuk aktivitas per­kuliahan, pihak akademik sudah siap pula menempatkan tenaga pengajar dengan gelar sesuai spesifikasi perguruan tinggi, terutama adalah lulusan Timur Tengah.
“Dalam lima fakultas tersebut minimal akan disediakan 50 tenaga dosen orang-orang berstrata s2, s3 dan profesor. Kita berharap setelah dosen STAIN Meulaboh selesai melanjutkan kuliahnya diluar negeri akan memacu peningkatan kualitas pendidikan tinggi di daerah Aceh,” imbuhnya.
Saat ini kita sudah buka 11 Prodi dalam tiga jurusan dan Lebih lanjut dikatakan, dalam masa transisi pembangunan kampus baru itu pihaknya terus berupaya memberikan pendidikan yang lebih baik dengan mengacu pada aturan yang mengatur proses belajar mengajar pada PerguruanTinggi Islam Negeri Islam. []
KOMENTAR FACEBOOK