Pemerintah Aceh Akan Perluas Kesempatan Kerja Bagi Pemuda

Asisten III Administrasi Umum Syahrul Badruddin memberikan sambutan.

ACEHTREND.CO,Banda Aceh – Gubernur Aceh, dr. H, Zaini Abdullah, menyebutkan ada beberapa kebijakan yang akan ditempuh Pemerintah Aceh, untuk meningkatan perluasan kesempatan kerja dalam negeri. Hal itu dilakukan unuk memperbanyak kesempatan kerja yang berorientasi menjadi usaha mandiri, dan memperkuat program perluasan kesempatan kerja yang sudah berjalan.

“Kita akan melatih tenaga kerja mandiri terdidik, tenaga kerja pemuda mandiri profesional, pendampingan wirausaha, penempatan melalui bursa kerja, dan lain sebagainya,” ujar gubernur Aceh dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Sekretariat Daerah Aceh, Syahrul Badruddin, M.Si, dalam Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan ke-XVII Universitas Serambi Mekkah, di AAC Dayan Dawood, Sabtu (27/02).

Pemerintah Aceh melalui dinas terkait, kata Syahrul Badruddin, membuka peluang bagi para pemuda Aceh untuk dilatih dan dididik menjadi tenaga terampil dan siap pakai dalam bidang yang membutuhkan skill yang terbaik.

Perlakuan Masyarakat Ekonomi Asean, kata Syahrul, mengharuskan para tenaga kerja Aceh seperti para sarjana untuk meningkatkan kualitas. Dinamika pekerjaan tentu akan berbeda. Persaingan semakin ketat. Kebijakan tersebut (MEA), tidak hanya berdampak pada persaingan ekonomi, tapi juga pada sumber daya manusia. Potensi serbuan tenaga luar, kata Syahrul, pastilah ada.

“Yang menjadi pembeda adalah kualitas dari sumber daya. Karena itu saya menekankan agar generasi muda Aceh terus mengasah diri agar mampu bersaing, tidak hanya di tingkat lokal dan nasional, tapi juga di tingkat global,” ujar Syahrul Badruddin.

Gubernur Aceh melalui Asisten III mengucapkan kepada Universitas Serambi Mekkah. Tak hanya mewisudakan lebih dari 1500 mahasiswa, kampus ini juga tercatat sebagai universitas bergengsi di Aceh yang memperoleh predikat madia dalam bidang penelitian dan dan pengabdian masyarakat, nomor satu dari 109 perguruan tinggi swasta di bawah Kopertis Wilayah 13 Aceh. “Predikat ini tentunya menjadi anugerah tersendiri bagi USM yang pada tahun ini akan menyongsong usia ke-32.”

Sementara Rektor Universitas Serambi Mekkah, Abdul Gani Asik, menyebutkan kampus yang ia pimpin ikut berperan aktif dalam perguruan tinggi yang turut menyumbang tenaga kerja di berbagai bidang di Aceh.

Kepada para saudara, Abdul Gani berpesan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja. “Kita telah memasuki MEA, sekarang anda akan menghadapi saingan berat. Bila anda tak mempersiapkan diri anda akan tersingkir. Tingkatkan keilmuan untuk memenangkan persaingan dalam bekerja. Rebut peluang itu jangan tunggu peluang itu dating,” pesannya.

Dalam laporannya, Abdul gani Asik, menyebutkaan hingga kini, Universitas Serambi Mekkah mendidik sebanyak 9.825 mahasiswa. Sebanyak lebih dari 1.600 diwisuda dalam dua tahap, yaitu Sabtu dan Minggu besok. “Kami mengucapkan selamat. Anda telah dibekali ilmu dan keterampilan, kami berharap semoga Anda berhasil dalam lapangan pekerjaan. Persaingan sangat berat tapi kami yakin anda akan berhasil,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum Yayasan Pembangunan Serambi Mekkah, Teuku H. Muhammad Sulaiman Syah, mengatakan, pihak yayasan turut berbangga melepas para wisudawan. Secara khusus, Muhammad Sulaiman yang biasa disapa Ayahanda ini berpesan agar pihak universitas terus membenahi diri untuk menjadi lebih baik.

“Saya turut berbangga dengan prestasi anak-anakku. Jaga nama baik  kampus kita. Mari kita sama-sama membantu USM untuk membuat lebih baik lagi,” ujar Ayahanda.

Acara wisuda itu sendiri dihadiri oleh Asisten III Sekretariat Daerah Aceh, Wakil Walikota Banda Aceh, Koordinator Kopertis Wilayah XIII, Koperteis Wilayah V, perwakilan Kodam dan Polda, perwakilan Rektorat Unsyiah dan UIN, anggota DPRA yaitu Dr. Maryati M.Si.[]

KOMENTAR FACEBOOK