Ketika KADO Mendongeng RUMAN

ACEHTEND.CO, Banda Aceh-Setiap hari Kamis, anak-anak binaan Bimbingan Belajar (Bimbel) Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh mempunyai agenda khusus. Mereka tidak belajar seperti biasana, namun ada story telling(mendongeng) atau nonton bersama film-film edukatif.

Kamis (3/3/2016) kemarin story telling diisi oleh Ketua KADO (Kampung Dongeng) Cabang Banda Aceh, Siti Nur hidayah, S.Pd, M.Sc. Tema yang diangkat tentang Kejujuran dan Berbuat Baik.

Acara tersebut dihadiri oleh puluhan anak usia Preschool dan Sekolah Dasar peserta bimbel gratis RUMAN. Turut hadir dalam kegiatan spesial itu Sekretaris RUMAN Aceh, Riski Sopya S.Pd, beserta para pengajar Bimbel.

“Kejujuran sudah menjadi langka dalam masyarakat. Kita sudah terpola dengan membenarkan yang biasa, bukan membiasakan yang benar. Itulah sebab mengapa tema kejujuran menjadi pesan utama dalam dongeng kita”, ujar Siti Nur hidayah yang akrab disapa Bunda Dayah ini.

Riski Sopya, Sekretaris RUMAN Aceh mengamini pernyataan tersebut. Karenanya, dalam setiap kegiatan, RUMAN menanamkan sifat terpuji tersebut kepada semua binaannya. Dan kejujuran menjadi prayarat utama bagi siapa saja yang ingin bergabung bersama RUMAN.

“Terima kasih kepada KADO Banda Aceh yang telah membantu kami menanamkan sifat mulia itu pada anak-anak binaan RUMAN dengan cara mendongeng. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa mendongeng menjadi cara paling efektif dalam proses internalisasi nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan dalam diri anak”, ungkap Ummi Kiki, sapaan sehari-hari Riski Sopya.

Sebagai informasi, bimbel gratis merupakan kegiatan rutin kedua RUMAN Aceh yang diluncurkan pada 8 April 2013 lalu. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin hingga Kamis, mulai pukul 15.30 siang hinga 17.00 sore. Sarana dan prasarana kegiatan disediakan oleh RUMAN melalui donasi sahabat-sahabat sosial media facebook yang tidak mengikat.

KOMENTAR FACEBOOK