Mempertanyakan Bireuen di Tangan Ruslan

Kepada Bupati Bireuen.

Surat saya tanpa basa basi penghormatan yang melangit. Karena saya tidak terbiasa dengan itu. Apalagi saya tidak dibesarkan di dayah, juga kurang mendapat ilmu pendidikan umum di sekolah.

Kepada Bupati Bireuen, Ruslan M. Daud, saya minta agar segera membuat laporan pertanggungjawaban berbagai aktivitas sosial yang dikerjakan menjelang musim politik tiba.

Tolong Bupati Bireuen buat laporan terperinci kepada publik terkait dana gotong royong per gampong yang sudah dilakukan semenjak 2015.

Kemudian segera buat laporan pertanggungjawaban terhadap pembangunan tiap unit rumah secara terperinci yang sudah dilakukan semenjak tahun lalu.

Kemudian, program apa saja yang sudah anda lakukan dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Bireuen, lengkap dengan nama penerima, lokasi program (kampung apa di di kecamatan mana) lengkap dengan jumlah anggaran dan hasilnya bagaimana?

Selama ini bantak kontraktor di Bireuen yang mengaku tidak mendapatkan pekerjaan dari Pemkab Bireuen. Mereka mengaku Bupati Bireuen hanya memberikan paket kegiatan kepada koleganya semata. Bisa jadi ini fitnah. Bupati Bireuen harus mengumumkan siapa saja kontraktor dan bentuk program yang dia kerjakan semenjak memimpin Bireuen.

Soal penegakan syariat Islam, program apa saja sudah dilakukan? Hasilnya bagaimana? Berapa dana tiap-tiap program itu?

Hal terakhir yang ingin saya sampaikan, akhir-akhir ini, tindak kejahatan berupa pencurian semakin meningkat. Dari bebek, sepmor sampai pinang dan pade jakeut sudah dicuri. Pencurinya pun dari kalangan anak muda.

Apakah ini ada hubungannya dengan ketidakmampuan saudara dalam membangun lapangan kerja? Atau itu hanya dilakukan oleh anak-anak rusak yang sudah klo priep? Atau ini efek dari semakin masifnya peredaran sabu di Bireuen?.

Demikian surat ini saya sampaikan. Semoga menjadi masukan bagi saudara, dan harap dijawab.

Terima kasih

Mawardi
Alamat dan identitas lengkap ada pada redaksi.