Aceh Barat Gelar Musrenbang Khusus Perempuan, Anak-anak dan Disabilitas

ACEHTREND.CO, Meulaboh- Guna menampung aspirasi seluruh komponen masyarakat dalam rangka menyusun kebijakan pembangunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) khusus perempuan, anak dan kaum disabilitas tahun 2017. Rabu (16/3/2016) di aula Bappeda Aceh Barat.

Musrenbang yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Barat, H.T. Alaidinsyah, dihadiri ratusan orang perempuan, anak-anak dan kalangan disabilitas (cacat fisik) Aceh Barat.

Perwakilan dari 75 orang kaum disabilitas (cacat fisik), Risna, dalam forum musrenbang mengatakan, pemerintah harus memberikan perhatian khusus untuk pemberdayaan kalangan cacat fisik di Aceh Barat.

“Pemeritah perlu membagikan kaki dan tangan palsu, kursi roda serta kereta roda tiga, kepada seluruh masyarakat cacat fisik di Aceh Barat. Kami juga memohon diberikan modal usaha, di semua usaha ekonomi, sesuai dengan bidang masing-masing, agar kami bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari” Ucap Risna.

Menurut Risna, 90 persen kehidupan penyandang disabilitas, membutuhkan bantuan orang lain, maka pemerintah harus segera melakukan langkah nyata, untuk pemberdayaan kaum tersebut.

“Banyak kaum disabilitas tersebar diseluruh penjuru wilayah Aceh Barat, maka salah satu yang harus dilakukan pemerintah adalah membangun pusat pemberdayaan kaum tersebut, sebagai wadah berkumpul, berkreasi, dan menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah.” Jelas dia.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat, H.T. Alaidinsyah, kedapa wartawan menyebutkan, musrenbang Kaum perempuan, anak-anak dan kaum disabilitas, baru pertama dilaksanakan di Aceh Barat, dengan Anggaran yang ada,mulai 2017 pemerintah akan memenuhi semua asprasi mereka.

“ya, pasti kita akomodir, semua aspirasi para kaum perempuan, anak-anak dan kaum cacat, akan menjadi prioritas kita ke depan, pastinya kita lakukan secara bertahap,” jelas H. Tito, sapaan H.T. Alaidinsyah. []

KOMENTAR FACEBOOK