Bergerak agar Berkah (Pelajaran dari 3 Nyak-nyak)

Foto: Ahmad Arif.

Keliling gampoeng merupakan hal yang paling penulis sukai begitu selesai melakukan amanah kantor. Selain untuk membangun kedekatan personal kepada masyarakat gampoeng, yang paling utama adalah memetik beragam hikmah kehidupan dari realitas di depan mata.

Duduk di pematang sawah. Berbincang di sekitar kandang sapi. Bercerita di tepi kolam ikan. Bertegur sapa di beranda meunasah. Senda gurau sembari foto dengan anak-anak yang tak jarang bertelanjang kaki. Dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak realita, nyak-nyak (nenek-nenek) yang masih segar dan bugar melakukan aktivitas harian begitu membetot perhatian. Umur mereka sudah di atas kepala 7 (tuluh puluh), namun ritme gerak mereka masih mantap. Suara dan penglihatan mereka pun tak kalah dengan yang muda-muda.

Nek Zubaidah, 70 tahun, masih kuat melakoni bisnis rumput hias di halaman rumahnya di Gampong Lambaroe Angan, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Dari sepetak tanah berukuran 300 meter, Nek Zubaidah bisa menghasilkan uang Rp 2 – 3 juta setiap bulan.

Sementara Nek Hasnah, 80 tahun, di gampoeng Baet Mesjid, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar juga tetap kuat menjemur padi hasil panennya. Rona manis (ayu) masih terpancar jelas pada rumannya.

Kesan serupa juga penulis tangkap dari Nek Syamsiah di gampoeng Data Makmur, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar. Di usianya yang sudah kepala delapan, Nek Syamsiah masih tegar mengolah sawah. Bibit yang sudah membesar ia cabuti untuk ditanam oleh keluarganya.

Ketika penulis tanyakan, mengapa di usia sesenja itu mereka masih saja bekerja? Jawaban mereka membuat penulis malu hati.

“Kami melakukannya dengan hati senang. Sebab hanya dengan bergerak Alah turunkan berkahNYA. Badan sehat dan pikiran tenang adalah berkah yang tidak ada bandingannya. Coba lihatAir yang tergenang tu. Awalnya mungkin tampak indah. Tapi lama-lama akan membusuk”.

Aih, terima kasih nyak Zubaidah, nyak Hasnah dan nyak Syamsiah. Petuah dan petitah kalian akan kami teladani. Semoga Allah cucurkan berkah dan kasih sayangNYA kepada kalian.

KOMENTAR FACEBOOK