Akibat Hujan Deras, Aceh Barat Dibekap Banjir

Salah satu ruas jalan yang amblas di Aceh Barat. Foto Sudirman Z.

ACEHTREND.CO, Meulaboh – Meningkatnya curah hujan sejak Senin (21/3/2016) telah menyebabkan sejumlah bencana di Aceh Barat, Menurut sumber aceHTrend, telah terjadi longsor di beberapa titik, badan jalan amblas, dan banjir melanda sejumlah lokasi Kabupaten Aceh Barat.

Data yang dihimpun, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Saipul AB, dari 12 kecamatan se Aceh Barat, tujuh kecamatan mengalami banjir luapan, antara lain, Kecamatan Sungai Mas, Kecamatan Woyla Timur, Kecamatan Panton Reu, Kecamatan Mereubo, Kecamatan Johan Pahlawan, Kecamatan kaway XVI, dan kecamatan Woyla Barat.

“Total desa yang terendam banjir, ada 47 perkampungan dengan jumlah 2.858 Kepala keluarga (KK) atau 9.499 jiwa. ketinggian air bervariasi, dari 60 centimeter (Cm) sampai 1,5 meter,” terangnya, Selasa (22/3/2016).

Selain bencana banjir, juga terjadi bencana longsor yang menutupi akses jalan, dan dua unit rumah penduduk pada Desa Lung Baroh juga tertimpa bongkahan tebing longsor, yakni kediaman Ramuan (7 jiwa) dan kediaman Abudian (6 jiwa). sedangkan rumah yang rusak terseret arus, milik Asnidar warga Desa Kajeung

”Tujuh titik lokasi longsor dalam Kecamatan Sungai Mas, menyebabkan akses jalan lintas Provinsi rute tengah, yakni Meulaboh – Geumpang Pidie, terputus total. Karena badan jalan tertimbun tanah dan bongkahan tebing longsor.” Ujar Saiful.

Sementara itu, Menurut Kasi Ekonomi dan Pembangunan, Kecamatan Panton Reu, Shahini, Warga kecamatan panton Reu, mulai dari Gampong Paya Baro sampai Gampong Mugo mengalami kepanikan saat datang banjir, dikarenakan Padi masyarakat masih menumpuk disawah.

“Ada sekitar 100 Ha lebih, di delapan desa, sawah sedang dipanen warga yang mengalami banjir, sebagian masih di lahan, ada yang sudah ditumpuk di sawah. Makanya warga panik, bahkan ada yang tengah malam langsung ke sawah untuk mengakat padi tadi malam,” imbuhnya.

KOMENTAR FACEBOOK