Menikmati Ragamnya Keindonesiaan

BEBERAPA dari kita pasti banyak mengenal Suku budaya dan bahasa di Indonesia ini. Kita pasti pernah mendengar suku Aceh, Jawa, Betawi,  Badui, Sunda, Bugis, Minang, Maluku, Dayak, Papua dan masih banyak yang lainnya. Itu semua adalah milik Indonesia. Kita juga pasti pernah mendengar batik, gamelan, angklung, kecapi, dan lainnya, itu juga adalah milik Indonesia. Kita juga pernah dengar Danau Toba, Gunung Bromo, Pulau Komodo, Laut Bunaken dan yang lainnya, itu pun milik Indoesia juga. Di mana kita dilahirkan dan dibesarkan bahkan mungkin di makamkan di tanahnya.

Sungguh menakjubkan negeri ini, ya Indonesia namanya. Negeri yang indah dengan kekayaan Alam juga indah dalam kebudayaan. Beragam suku dan bahasa tersusun rapi di kepulauan Indonesia ini. Berbaris rapi elok dan tetap menjunjung rasa persatuan yang berdasarkan Pancasila. Dari Sabang sampai Merauke mempersembahkan karya yang indah. Sebuah maha karya Tuhan telah dianugerahkan pada bumi pertiwi ini. Setiap bahasaa dengan ciri khasnya mengayomi masyarakat di hamparan wilayah sekitarnya. “Peu haba” untuk sapaan apa kabar di daerah Aceh, “Piye kabare” untuk sapaan apa kabar di daerah Jawa, “Ba’apo kabar” untuk sapaan daerah Minangkabau, dan masih banyak lagi variasi bahasa di negeri ini.

Bangga dan syukur kita tetap dalam keadaan yang satu walau penuh degan perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika mengikat cinta persatuan kita, menjujung tinggi persatuan dalam perbedaan. Bersaudara, saling rukun, saling menghormati,dan saling membantu satu sama lain. Pancasila membentuk karakter kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Perjuangan pahlawan yang sangat berarti dalam kehidupan bangsa sekarang. Indonesia memadukan seluruh bahasa menjadi satu dalam bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. Suku Aceh, Jawa, Sunda, Bugis, Minang, Papua, Maluku, dan suku lainnya tetap satu demi perjalanan Bangsa yang dulunya penuh dengan penderitaan berabad-abad dijajah. (Catatan redaksi: Aceh tidak pernah dijajah selama berabad-abad oleh bangsa lain)

Indonesia yang merdekanya masih muda ini tetap selaras dengan ciri khasnya. suku, budaya, bahasa dan bentuk seni lainnya selalu tampak kokoh terjaga oleh masyarakat Indonesia. Sejak lama bertahan dan tetap terjaga keasliannya yang menjadi kekaguman negara lain.

Marilah tetap kita jaga suku bangsa, budaya dan bahasa kita ini. Ini adalah harta kita bersama yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita. Tinggal bagaimana kita bisa menjaganya, tetap damai, akur dan saling menghormati perbedaan ini. Mengingat perjuangan nenek moyang kita yang dahulu sangat menjaganya dengan segenap rasa cinta yang tercurah demi kita cucu mereka yang akan mewarisi suku bangsa, budaya dan bahasa ini.

Jangan biarkan negara lain mencurinya dari kita, karena banyak negara lain yang sangat takjub dengan negara kita yang sangat kaya ini. Tetap jaga persaudaraan jangan ada pertengkaran antar suku dan jangan sampai ada penghinaan. Berilah contoh yang baik bagi anak cucu kita yang akan juga kelak mewarisi Suku budaya dan bahasa di Indonesia ini sebagai generasi yang akan meneruskan perjalanan hidup bangsa yang sentosa. Suku budaya dan bahasa di negara ini akan tetap kokoh dan indah jika kita yang berada di dalam senantiasa mencitainya. Niscaya akan selalu jadi kebanggaan kita bersama jika suku budaya dan bahasa di Indonesia ini terjaga sampai masa ke masa, generasi ke generasi yang akan datang. []

KOMENTAR FACEBOOK