Danau Bungara, Destinasi Wisata yang Tersembunyi di Singkil

Oleh Wanhar Lingga
Singkil adalah negeri seribu pesona. Banyak situs yang menarik untuk dikunjungi. Pulau Banyak salah satu destinasi yang kian hari makin bertambah terkenal.

Selain itu ada pula sungai terpanjang di Aceh yang membelah singkil, yaitu Lae Sukhaya. Sungai ini merupakan urat nadi masyarakat yang bermukim di bantaran sungai.

Selain itu, Singkil ternyata juga memiliki danau. Danau Bungara namanya. Danau ini adalah yang kedua terbesar di Aceh, setelah Danau Lut Tawar di Aceh Tengah. Berdasarkan hasil survey pada tahun 2008 lalu oleh tim konsultan dan Dispora Aceh, diketahui bahwa luas Danau Bungara berkisar 85,6 Hektare yang di kelilingi empat Kampung, yaitu: sebelah timur Kampong Butar, sebelah barat berbatas dengan Kampong Lentong, sebelah utara berbatas dengan Kampong Danau Bungara dan sebelah selatan berbatas dengan kampong Lapahan Buaya.

Namun danau ini seperti perawan yang dipeti besikan. Nyaris tidak ada promosi tentang kemolekan Bungara. Eksotismenya tidak terkabarkan ke luar Singkil.

Danau Bungara berada di Kecamatan Baharu, lebih kurang 55 km dari Ibukota Singkil.

Bagi backpacker dan traveler penantang alam liar, mungkin ini salah satu destinasi yang direkomendasikan. Namun bagi Anda yang hanya ingin menikmati panorama dan kenyamanan, maka harus berpikir secara lebih matang. Karena di sini belum hadir sentuhan. Belum ada fasilitas publik yang membuat pelancong nyaman. []

DPM Universitas Syiah Kuala.

KOMENTAR FACEBOOK