Kuala Jangka, Liukan Pinus dan Mie Ikan Tongkol

Kuala Jangka, yang terletak di Gampong Jangka Mesjid, Kecamatan Jangka, merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Bireuen. Jejeran Pinus di sepanjang garis pantai membuat teduh.

IMG_20160410_122131

Sebagai sebuah pantai yang terletak di kawasan tropis, suhu udara di sini cukup menyengat dan hangat sepanjang tahun.

Kuala Jangka baru dibuka secara normal ketika jejeran Pinus mulai tumbuh besar. Dikelola oleh masyarakat setempat dengan gaya yang sudah tertata namun tetap menghargai kearifan lokal.

Beberapa pedagang kepada aceHTrend.Co, Minggu (10/4/2016) mengatakan kunjungan membludak bakda asar setiap hari Sabtu dan Minggu.

Ada yang mandi bersama rekan atau keluarga. Ada pula yang sekedar duduk santai sambil menikmati belaian angin.

Mutia, salah seorang pengunjung mengatakan, Kuala ini ditata sedemikian rupa sehingga cocok untuk tempat berwisata semua kalangan.

“Pantainya sudah masuk kategori bersih. Tempatnya terbuka. Harga jajanan juga tidak mahal,” ujar Mutia.

Bila musim tongkol tiba, para pengunjung pun bisa membeli ikan tongkol seukuran lengan bayi berusia satu setengah tahun. Ikan-ikan itu kemudian bisa dibawa ke pantai dan dimasak dengan mie Aceh maupun mie instan yang sudah “dilokalisasi”.

Mutia Dewi, salah seorang pengunjung sedang menikmati mie ikan tongkol.
Mutia Dewi, salah seorang pengunjung sedang menikmati mie ikan tongkol.

Kondisinya pun nyaman. Masyarakat setempat pun ramah. Udara tropis yang berhembus sepanjang waktu, dengan liukan dedaun jarum Pinus dan diselingi berbagai ragam lagu, dari Bergek sampai Pance Pondaag membuat suasana semakin gado-gado.

Penasaran? Starter sepeda motor atau mobil Anda. Kunjungi segera. Harga karcisnya pun murah meriah untuk tiap kendaraan yang parkir. []

KOMENTAR FACEBOOK