[Laporan dari Mekkah] Taxi sebagai Labi-labi di Mekkah

ACEHTREND.CO, Mekkah – Adakah labi-labi di Tanah Suci Mekkah? “Ada, itulah taxi yang dalam operasionalnya mirip labi-labi di Aceh”, ujar dr Zahrul Wardani, Sp.B, jamaah umrah asal Banda Aceh kepada AcehTrend dua hari lalu di Mekkah.

“Saya sudah beberapa kali naik taxi pergi ke Tan’im (salah satu tempat memulai prosesi ibadah umrah). Sopir taxi masih mengambil penumpang di jalan-jalan, bahkan sampai berdesak-desakan,” tambah dokter ahli bedah umum yang bertugas di RSU Meuraxa Banda Aceh.

“Judulnya saja taxi, dalam praktiknya tak lebih sebagai angkot alias labi-labi. Sebelum naik taxi jangan lupa sepakati dulu harganya. Argonya memang ada tapi sopirnya tak berpedoman ke situ,” pesan Zahrul kepada AcehTrend.

Wartawan aceHTrend, Hasan Basri bersama dr Zahrul Wardani
Wartawan aceHTrend, Hasan Basri bersama dr Zahrul Wardani

Ucapan Zahrul ternyata benar. AcehTrend mencoba menggunakan jasa taxi di Kota Mekkah dengan tujuan Tan’im untuk memulai umrah. Ditemukan sebuah taxi sedang ngetem (parkir) di pinggir jalan menanti penumpang, padahal di kursi depan sudah ada penumpang.

Sopir taxi itu menawarkan jasa tumpangan kepada AcehTrend. “Ke Tan’im pulang pergi berapa ongkosnya?”, tanya AcehTrend dalam bahasa Arab yang dijawab sang sopir “60 Riyal Saudi”.

AcehTrend memberikan penawaran ke harga 30 Riyal tapi sopir menyebut angka 50 Riyal. Lalu AcehTrend menawarkan angka 40 Riyal dan sopir pun setuju.

Selanjutnya AcehTrend memperkuat (tawkid) bahwa harga itu adalah untuk dua orang dan pulang pergi. Tapi AcehTrend lupa menyepakati agar sopir tak mengambil penumpang lain di jalan. Maka dalam perjalanan menuju Tan’im sang sopir mengambil satu lagi penumpang untuk ditempatkan di bangku depan yang kebetulan penumpang pertama sudah turun.

Ya, begitulah. Beda tempat beda kebiasaan dan kita harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Bagi Anda yang bepergian ke Mekkah dengan menggunakan jasa Travel, jangan lupa gunakan waktu luang untuk mencoba taxi alias labi-labi di kota ini. Jangan hanya terpaku dengan agenda travel karena tidak akan ada pengalaman tambahan.[]

KOMENTAR FACEBOOK