Silvia Mona, Dosen Cantik Uniba Ini Dibilang Bersuara Lembut

ACEHTREND.CO, Batam – Ramah juga murah senyum. Mahasiswi Kebidanan Universitas Batam (Uniba) menyukainya, apalagi jika ada yang kesulitan dalam belajar tentu saja gampang bertanya padanya. Dialah Silvia Mona SST Bmd. Para mahasiswi mengenalnya sebagai dosen bersuara lembut yang akrab disapa Ibu Mona.

Perempuan kelahiran Purwokerto 10 Desember 1988 ini tak hanya seorang dosen, ia juga dipercaya sebagai Kabag Akademik D-IV Bidan Pendidik mulai 2014. Selain itu, Mona juga tercata sebagai tim redaksi ahli Zona Kebidanan ISSN 2087-7293 Fakultas Kedokteran Uniba pada 2014. Sejak 2015 ia juga dipercaya sebagai Ketua Tim Akreditasi Program Studi D-IV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Uniba.

Selain sibuk dalam urusan akademik, Mona juga aktif berorganisasi. Diantaranya ia terlibat dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Batam, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) wilayah Kepri, dan Satgas Anti Narkoba dan HIV/AIDS di Uniba.

Semuanya itu ia raih melalui ketekunannya menimba ilmu. Dimulai dari Diploma III Jurusan Kebidanan Uniba pada 2009, kemudian melanjutkan ke Bidan Pendidik di Uniba pada 2010, lalu  Magister Biomedik Jurusan Kesehatan Reproduksi (Biomedik) Uniba pada 2014.

Berkutat di bangku kuliah dan melahap berbagai buku ternyata tak cukup bagi Mona, ia juga mengikuti berbagai pelatihan. Misalnya pelatihan Klinik Standarisasi Asuhan Persalinan Normal yang diselenggarakan P2KS Pemerintah DKI Jakarta.

Di kampus Uniba, ia juga mengikuti pelatihan Penyuluhan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat, pelatihan sistem informasi pengembangan karir dosen (SIPKD), workshop pengembangan kurikulum program D-III Kebidanan, serta pelatihan peningkatan keterampilan dasar teknik instruksional (pakerti).

Kemudian ia menguatkan kemampuannya melalui penelitian. Misalnya, Penelitian Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Tetanus Toksoid di Rumah Sakit Casa Medical Center, Hubungan Paritas dengan Kejadian Partus Premature di RSUD Kota Batam tahun 2009, dan Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil tentang Antenatal Care dengan Kepatuhan Kunjungan.

Selain itu, Mona juga melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Misalnya penyuuhan kesehatan reproduksi remaja di SMU N 5 Batam, penyuluhan tentang teknik musyawarah masyarakat desa (MMD) di Uniba, bakti sosial berupa pengobatan dan pelaksana ante natal care (anc) gratis di Kavling Sagulung Kepulauan Riau, dan penyuluhan gizi balita di Kelurahan Tanjung Piayu Kecamatan Sei Beduk, Batam. []

Universitas Batam

KOMENTAR FACEBOOK