Memperkenalkan Dunia Riset untuk Kalangan Remaja

Zubaidah Dhohar, Dirketur Timang Research Center (TRC)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Dalam upaya membangun-kembangkan kiprah dan partisipasi aktif remaja dalam pembangunan Aceh, TIMANG RESEARCH CENTER (TRC) menginisiasi sebuah program pendidikan dan penguatan remaja melalui sebuah worskhop dan studi lapangan yang bertema, “Pengenalan Penelitian dan Pembekalan analisis Sosial untuk para Remaja”.

Gagasan ini telah disambut baik dan antusias oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah Lab School Unsyiah dengan mengadakan kerjasama secara berkala dan menyediakan fasilitas sekolah yang maksimal. Dimulai dengan gelombang pertama pada tanggal 16 Maret 2016.

TRC membantu remaja dalam memperkuat kesadaran politik yang beretika sejak dini, kesadaran situasi sosial terkait lingkungan, pendidikan, kesehatan, kebudayaan dsb, begitu juga tentang situasi konflik masa lalu dan perdamian hari ini agar perdamaian dapat menyertakan partisipasi aktif remaja secara lebih luas.

“Ini dimulai dengan membangun dan memperkuat kecintaan mereka dalam kegiatan penelitian sedini mungkin. TRC membekali mereka dengan seperangkat alat analisis dan kajian-kajian lapangan. Metodenya partisipasi aktif dan praktek langsung ke lapangan, sambil memberikan perspektif adil-setara, hak asasi manusia dan inklusi sosial. Intinya: Mengenali dunia penelitian sambil berkarya,” terang Zubaidah Djohar yang akrab dipanggil Zhu.

Zhu, mengatakan bahwa untuk tahap awal, mereka menyiapkan 20 remaja untuk satu gelombang. Workshop ini hanya bisa dilakukan pada jam ekstrakurikuler yaitu pada hari Sabtu.

Adapun output dari sebuah worskhop dan studi lapangan ini, diharapkan nantinya mereka sudah bisa mempresentasikan karya mereka di depan publik, apakah melalui esai singkat, video pendek, karya seni (cerpen, puisi, lukisan/gambar, dsb) berbasis penelitian awal. Ini juga tergantung keseriusan dan ketekunan peserta.

“Kerja-kerja volunteer yang dilakukan TRC saat ini adalah untuk menjaga dan melanjutkan denyut-denyut kemanusiaan agar terus berkembang dan menjalar serta berbuah peran, khususnya di kalangan remaja saat ini,” pungkas Zhu. []

KOMENTAR FACEBOOK