Festival Kota Akan Dihelat di Gampong Lambung

ACEHTREND.CO, Banda Aceh- Gampong Lambung, Ule Lheu, Banda akan menjadi pusat kegiatan Festival Kota yang akan dihelat pada 7-8 Mei 2016. Ruang terbuka hijau gampong tersebut akan dibagi dalam empat cluster yaitu Cluster Creative City, Green City, Culture and Heritage City, dan Youth and Social. Kegiatan ini diselenggaran oleh lintas komunitas yang ada di kota ini.

“Ada hal-hal yang bersifat smart dan bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Jadi harus ada kreasi untuk layanan perkotaan. Konsep dari creative city itu sebenarnya mengintegrasikan informasi, komunikasi, dan teknologi untuk layanan perkotaan atau layanan publik,” kata Issana Burhan,¬†Perwakilan Cluster Creative City dari Komunitas Polyglot Indonesia Regional Aceh, saat talkshow di Radio Rumoh PMI, Jumat (15/4/2016).

Issana berujar, dalam creative city ada inovasi-inovasi di kota yang dilakukan oleh masyarakatnya sendiri. Untuk memaksimalkan layanan publik, masyarkat harus turut serta dalam pembangunan kota dengan menjadi kreatif. Menurutnya, akan sulit menjadi kota kreatif jika hanya berharap pada pemerintah.

Kota kreatif secara resmi dilaunching oleh UNESCO yang mempunyai indikator-indikator kota kreatif. Di Indonesia ada beberapa kota kreatif, seperti Solo, Yogyakarta, Bandung, dan Pekalongan.

“Kalau kita ingin menjadi kota kreatif yang seseungguhnya, sekarang komunitas-komunitas sudah bergerak untuk hal tersebut. Tapi, tentu harus didukung juga oleh pemerintah, karena indikator-indikatornya itu salah satunya adalah pemerintah memfasilitasi kreatifitas masyarakat, seperti pameran,” tutur Issana.

Dikatakan Issana, kota kreatif sangat mementingkan ekonomi dan dinamika budaya. Kota kreatif juga dinilai berdasarkan kontribusi dibidang kreatif, terhadap pembangunan ekonomi dan lapangan kerja kota. []

KOMENTAR FACEBOOK