Komnas HAM: Kami Tidak Mendukung Perkawinan Sejenis!

Ilustrasi

ACEHTREND.CO, Jakarta- Terkait isu bahwa pihak Komnas HAM mendukung perkawinan sejenis seperti yang disuarakan oleh pendukung lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT), komisi tersebut membantah keras. Ketua Komnas HAM, Imdadun Rahmat mengatakan pihaknya tidak pernah mengelurakan pernyataan itu.

Bantahan ini disampaikan oleh Imdadun dalam rapat bersama KOmisi III DPR RI di Jakarta, Senin (18/4/2016). Dilansir oleh Antara, dalam kesempatan itu Komnas HAM mengatakan siapapun boleh mengecek pernyataan resmi lembaga itu terkait perkawinan antar LGBT.

“Tidak pernah ada satu pun pernyataan resmi Komnas HAM yang menyetujui perkawinan sejenis. Kami menduga ada aktivis yang berbicara dan dipersepsikan sebagai pendapat Komnas HAM,” kata Imdadun Rahmat.

Imdadun mengatakan dalam rapat pleno Komnas HAM disepakati tiga aspek yang menjadi hak asasi manusia (HAM) para pelaku LGBT. Tiga aspek itu adalah kaum LGBT tidak boleh mendapatkan tindakan kekerasan, kriminalisasi dan diskriminasi dalam memperoleh pekerjaan, pendidikan dan kesehatan.

“Hanya tiga aspek itu yang dimintakan Komnas HAM kepada aparat hukum. Yang lain tidak atau setidaknya belum. Jadi Komnas HAM tidak seliberal yang disangkakan orang-orang,” tuturnya.

Dalam rapat tersebut, anggota Komisi III Hasrul Azwar meminta Komnas HAM lebih berhati-hati dalam menyikapi isu-isu yang sensitif di tengah masyarakat, termasuk isu LGBT.

“Komnas HAM harus hati-hati menyikapi isu-isu yang berkaitan dengan keyakinan dan ajaran agama. LGBT merupakan salah satu hal yang bertentangan dengan ajaran agama,” tuturnya.

Menurut Hasrul, bila Komnas HAM tidak bijak dalam menanggapi isu LGBT, maka akan merusak tatanan yang ada di masyarakat. []