Bakti Seorang Anggota TNI

Minggu (24/4/2016) siang, Pratu Dalga menyerahkan dua pamflet kepada saya selaku Pendiri Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh. Pamflet pertama untuk PAUD/TK Gratis Dhuafa RUMAN. Sedangkan pamflet kedua untuk BIMBEL (bimbingan belajar) sekaligus TPA (taman pendidikan Al Quran) gratis RUMAN.

Dengan berseragam lengkap, Pratu Dalga menggenggam erat tangan saya sembari tersenyum. Padahal siang itu sinar mentari sangat terik menerpa kulit. Momen spesial tersebut diabadikan oleh Fadil, mahasiswa FISIP UNSYIAH yang tinggal di base camp RUMAN.

Pratu Dalga merupakan anggota DENMADAM (detasemen markas KODAM) Iskandar Muda. Kesehariannya lebih banyak tidak menggunakan seragam seperti anggota TNI lainnya. Sebab, Pratu Dalga lebih banyak berkecimpung dalam kegiatan seni mural dan grafiti.

Jejak langkahnya sudah malang melintang berkeliling Aceh untuk menularkan keterampilannya itu. Dan dia juga memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi. Tak jarang dia membagikan keahliannya itu secara cuma-cuma alias gratisan.

“Maaf ya bang, cuma ini yang bisa saya buat untuk RUMAN. Salut saya untuk kawan-kawan RUMAN yang konsisten bergerak untuk kaum dhuafa. Mudah-mudahan di lain waktu kami bisa berbagi lagi”, ujarnya Pratu Dalga tersenyum.

Ya, selama sepekan sebelumnya, Pratu Dalga memang bolak-balik ke base camp RUMAN dari sore hingga jelang tengah malam untuk membuatkan dua pamflet tersebut. Semua material bahan baku juga dia yang siapkan. RUMAN terima beres saja. Proses kreasi Pratu Dalga dibantu oleh dua dari empat mahasiswa yang tinggal di sekretariat RUMAN.

Bagi Pratu Dalga yang hemat bicara tapi banyak kerja ini, kedua pamflet tersebut merupakan aksi sosial yang dilakukan secara personal sebagai perwujudan semboyan KODAM Iskandar Muda Aceh, “Berbuat yang terbaik, tulus dan ikhlas.

Terima kasih spesial buat Pratu Dalga atas dua karya di atas, juga beberapa karya lain yang telah dipersembahkannya kepada RUMAN sejak dua tahun lalu.

Terima kasih pula kepada Komandan DENMADAM Iskandar Muda, Letkol Inf. Fajar Nugraha yang telah memberikan kesempatan kepada Pratu Dalga untuk berkreasi dan berbagi.

KOMENTAR FACEBOOK