Vinessya, Penerbang Perempuan yang Kini Milih Mengajar

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Namanya Vinessya Karina Putri. Perempuan kelahiran Jakarta, 1991 yang dipanggil Caca ini juga lulusan sekolah pilot. “Ada juga pilot lain bang, namanya Vinessya,” kata Syukurdi Mukhlis, standup comedy Aceh.

Caca yang beribu Syahrina dari Aceh Selatan ini melakukan Solo Fligth pada Mei 2014.

IMG-20160430-WA0014

“April Ca udah menerbangkan pesawat, tapi masih didampingi. Mei baru Solo Fligth. Sedangkan lulus PPL (Pilot Private License) Juni dan lulus untuk pesawat komersil (berpenumpang) atau CPL (Commercial Pilot License) pada Desember 2014,” kisah Caca yang lebih dahulu menjadi pramugari di Garuda Indonesia.

“Caca sempat jadi pramugari dua tahun di Garuda. Lalu ditawarin sekolah pilot,” kenang Caca sebelum ia menjadi pilot.

Ibu Caca sendiri adalah pramugari di Garuda, dan masih aktif sampai sekarang. Caca kemudian masuk sekolah penerbangan di Global Avitation Flying School, dan tamat tahun 2014. Caca yang alumni SMA 4 tahun 2009 dan alumni London School of Public Relation, Jakarta kemudian lebih memilih untuk mengajar secara freelance.

IMG-20160430-WA0018

“Tapi, freelance sih. Soalnya, Caca mau berkeluarga, usai lebaran nanti,” kata Caca dengan suara penuh semangat, yang memberi bocoran kalau calon pendamping hidupnya lelaki dari Sunda.

Caca yang penyuka tarian tradisi, musik dan kuliner ini juga punya pengalaman berkerja di radio OZ Banda Aceh (2008-2009) dan London School Radio (2009-2010), Kertas Impian Desa, dan Kelas Inspirasi di Banda Aceh (2015).

“Caca sih awalnya pingin jadi psikolog, tapi akhirnya malah jadi pilot dan ngajar. Jauh ya,” katanya sambil tertawa mengingat cita-cita masa kecilnya yang kini malah bisa menjadi penerbang dan pengajar penerbangan.

Selamat mengajar ya Caca dan semoga sukses menuju hari bahagia usai lebaran nanti. []