Umi Niazah tinjau bakti sosial di Aceh Barat

Acehtrend, MEULABOH: Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Aceh, Hj Niazah A Hamid meninjau sejumlah program yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-13 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 yang diselenggarakan di Kabupaten Aceh Barat, Jumat (13/5).

Kedatangan Umi Niazah ke Aceh Barat didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Aceh, Hj. Marlina Usman serta beberapa pengurus TP PKK Aceh dan Kabupaten Aceh Barat.

Dalam rangka memperingati HKG PKK dan BBGRM, TP PKK Aceh mengadakan berbagai program bhakti sosial di Aceh Barat yang mencakup pengobatan massal gratis kepada warga lanjut usia (lansia) di Lapangan Teuku Umar Meulaboh, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut di SDN 2 Meulaboh, pelayanan ibu hamil dan anak-anak serta pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Kantor BKKbN Aceh Barat.

Disamping itu, TP PKK Aceh turut mengadakan sosialisasi mengkomsumsi ikan untuk keseimbangan gizi melalui pembentukan Forum Peningkatan Komsumsi Ikan (Forikan) di seluruh wilayah Aceh.

Tujuan dilaksanakan berbagai program tersebut menurut Umi Niazah adalah untuk meningkatkan kepedulian sosial dan kesehatan bagi masyarakat Aceh pada umumnya serta masyarakat yang berada di wilayah relokasi tsunami dan anak-anak dan warga lansia.

“Alhamdulillah, saya bersyukur melihat banyaknya partisipasi masyarakat, terutama di kalangan anak-anak dan keluarga yang sudah mulai memperhatikan kesehatan lingkungan serta pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini,” kata Umi Niazah saat berkunjung ke SD Negeri 2 Meulaboh dalam program merawat gigi dan mulut bersama para dokter dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Aceh.

Munurutnya, para keluarga harus sentiasa memeriksakan diri ke Pusat Kesehatan Masyarakat secara rutin dan memperhatikan komsumsi makanan yang seimbang bagi mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, maju dan mandiri.

“Tugas kami di TP PKK Aceh juga memprioritaskan program pangan, dimana penyediaan makanan yang baik serta gizi yang seimbang merupakan hal terpenting dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Selain program kesehatan, TP PKK juga melihat akan pentingnya masyarakat untuk memahami dan mengikuti perkembangan teknologi informasi saat ini dengan melaksanakan program pelatihan pemberdayaan masyarakat menggunakan internet yang berlansung di Gedung Telkom Meulaboh, Aceh Barat.

Dalam kunjungannya ke acara pelatihan tersebut, Umi Niazah berharap ke depan masyarakat akan lebih melek menggunakan teknologi informasi dengan baik sehingga siap menyambut arus globalisasi dengan wawasan dan ilmu pengetahuan terbaru.

“Kemajuan teknologi yang begitu cepat saat ini harus diimbangi dengan peningkatan pengetahuan melalui internet, terutama bagi pengurus PKK agar akses informasi dapat segera diketahui,” kata Umi.

Turut hadir pada tinjauan sejumlah program dalam rangka HKG PKK ke-44 dan BBRGM ke-13 di Aceh Barat, Wakil Ketua II, Dra Saymsiarni Dermawan, Wakil Ketua III, Maryati, SH, MH, Wakil Ketua IV, Kartini, Sekretaris PKK Aceh, Mauizah Wahab dan beberapa pengurus PKK dari Aceh dan Kabupaten Aceh Barat.