Peminat UTU Capai 3 Ribuan Calon Mahasiswa

ACEHTREND.CO, Meulaboh- Akibat melonjaknya peminat jalur SBMPTN 2016 Universitas Teuku Umar (UTU), masa pendaftaran mahasiswa baru jalur ini yang seharusnya ditutup pada Jumat 20 Mei 2016, diperpanjang hingga Minggu 22 Mei, pukul 16.00 WIB.

Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA, Senin (23/5/2016) menyampaikan bahwa jumlah peminat di jalur SBMPTN yang memilih prodi di UTU mencapai 3.093 peminat, sedangkan daya tampung yang disediakan di jalur ini sejumlah 499 kursi, atau dengan kata lain untuk setiap 100 orang peminat, hanya 16 orang yang dapat lolos dalam seleksi proses SBMPTN UTU tahun 2016 ini.

“Prodi yang paling diminati adalah Manajemen pada Fakultas Ekonomi yang merupakan prodi baru, kemudian Prodi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan yang ketiga prodi yang paling diminati adalah Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat,” terangnya.

Sementara itu dari jalur masuk SNMPTN yang sudah diumumkan hasil kelulusannya beberapa hari yang lalu, UTU menampung 568 orang mahasiswa dari jumlah peminat mencapai 1.232 orang. Prof. Jasman menghimbau untuk calon mahasiswa yang lulus di jalur SNMPTN agar dapat hadir pada Selasa, 31 Mei mendatang ke Kampus UTU.

“Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di jalur SNMPTN diwajibkan hadir pada hari tersebut dan tidak bisa diwakili, jika tidak berhadir maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri dari kelulusannya di SNMPTN,”jelasnya.

Seperti diketahui, Tahun Akademik 2016/2017 ini UTU juga membuka 3 jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan UMB. Jika calon mahasiswa tidak lolos pada tahapan SNMPTN dan SBMPTN, maka mahasiswa tersebut masih ada peluang melalui jalur UMB. Pada saat pelaksanaan UMB, kemungkinan besar ada tambahan 2 Prodi, yaitu Prodi Akuntansi dan Ilmu Hukum. Kedua prodi ini sedang menunggu persetujuan BAN PT. Untuk jalur UMB, masa pendaftaran dibuka mulai 16 Mei sampai 22 Juli. Sedangkan ujian akan dilaksanakan pada 24 juli serta pengumuman kelulusan pada 31 Juli 2016.

Tahun ini UTU memiliki kouta beasiswa Bidik Misi sejumlah 100 orang yang diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu secara ekonomi. “Kita juga sudah mengusulkan penambahan ke Dirjen Kelembagaan dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti sejumlah 300 orang, kita berharap segera dipenuhi, segala informasi mengenai UTU bisa di akses di www.utu.ac.id, atau email: humas@utu.ac.id,”imbuh Jasman.

KOMENTAR FACEBOOK