Ini Penampakan Tugu Baru Demontrasi Simpang Lima Banda Aceh

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Tugu “Demonstrasi” Simpang Lima Banda Aceh itu sudah roboh, tepatnya pada Minggu, 26/6/2016, tepat pukul 01.56 wib. Maka, hilanglah saksi sejarah bagi para demonstran itu.

unnamed (1)

Empat bulan sebelumnya, Pemko Banda Aceh bersama PT Bank Bukopin Cabang Banda Aceh, tepatnya 26/2/2016, di Balai Kota Banda Aceh, dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama tentang pembangunan kembali tugu yang telah berdiri sejak 1994 tersebut.

“Ini tugu yang bersejarah yang membawa Banda Aceh dikenal dunia karena sering dijadikan pusat aksi demonstrasi. Lokasinya juga sangat strategis di pusat kota,” kata Walikota Banda Aceh, Illiza kala itu. Menurut pihak PT Bukopin, perubahan tugu itu atas permintaan Illiza.

Saat itu, Illiza bahkan menjelaskan, tugu baru yang akan dibangun adalah tugu dengan lima pilar utama yang merujuk pada lima Rukun Islam. Pilar tersebut berbentuk setengah “Pintoe Aceh” yang menjulang ke atas setinggi 14 meter.

“Pada lima sisinya tertera kaligrafi asma Allah yang dikombinasinya dengan ornamen khas Aceh,” sebutnya saat itu.

Masih menurut Illiza, pihaknya ingin membangun kembali tugu ini sesuai dengan perubahan zaman dan tentu lebih baik dari segi desainnya.

“Tugu yang baru nanti kita harapkan dapat mewakili wajah baru Kota Banda Aceh, karena tahun ini sejumlah proyek besar lainnya juga mulai dikerjakan seperti Renovasi Masjid Raya, BMEC, dan revitalisasi Taman Sari (Bustanussalatin),” jelas Illiza yang kini kembali mencalonkan diri sebagai walikota Banda Aceh pada Pilkada 2017. []