Shalat Idul Fitri di Meulaboh: “Persiapkan Mudik Menuju Rabbul’alamin”

ACEHTREND.CO, Meulaboh – Shalat Idul Fitri di Mesjid Agung Baitul Makmur diisi dengan khutbah yang mengandung pesan, salah satunya mengajak jamaah untuk mempersiapkan diri menuju mudik menuju Allah.

“Mari, tidak hanya rajin mempersiapkan mudik di saat labaran, sebab mudik yang utama adalah menuju rabbul’alamin. Mari kita persiapkan sejak dini mudik menuju rabbul’alamin,” ajak khatib.

Jamaah shalat idul fitri 1437 H memenuhi Mesjid Agung Baitul Makmur Meulaboh. Di mesjid yang mampu menampung 7000 jamaah ini, shalat id dimulai sekitar pukul 7.30 dan pukul 7.50 khatib idul fitri menyampaikan khutbah idnya, Rabu (6/7/2016).

Sebelumnya, jamaah sudah datang ke mesjid berasitektur Timur Tengah, Asia dan Aceh itu sejak pukul 6.30 wib. Hanya dalam satu jam, barisan saf lelaki dan perempuan sudah terisi penuh. Pukul 7.30 petugas sudah mengajak jamaah untuk mengatur saf. Petugas juga sempat mengumumkan jumlah sedekah selama ramadhan, yaitu 53 juta lebih. Petugas juga mengingatkan jamaah tentang open house Bupati Aceh Barat.

Pada masjid Agung Baitul Makmur yang diresmikan 1999 ini dan masuk dalam daftar 100 mesjid terindah di Indonesia ini Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Setdaprov Aceh, DR Munawar A Jalil bertindak sebagai khatib Idul Fitri 1437 H. Sedangkan Tgk Dhiauddin An Nazari bertindak sebagai imam.

Pada saat tsunami, mesjid ini menjadi titik kumpul warga sekitarnya. Pada 7 Januari 2005 di Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh sebuah Helikopter HH-60H Seahawk dari skuadron helikopter anti kapal selam “Golden Falcons” (HS-2), mengirimkan bantuan kepada masyarakat Meulaboh di halaman Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh paska bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh 26 Desember 2004.

Helikopter itu merupakan bagian dari Carrier Air Wing Two (CVW-2) kapal induk USS Abraham Lincoln (CVN 72) yang ditugaskan dalam misi kemanusiaan di Aceh. Kapal induk ini lego jangkar di Samudera Hindia lepas pantai perairan Indonesia dan Thailand. Foto ini sendiri direkam oleh anggota AL Amerika yang sedang bertugas dalam misi tersebut.

Hari ini, sebagaimana hari raya idul fitri sebelumnya, takbir idul fitri dikumandangkan secara berjamaah.

“Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahu waallaahu akbar Allaahu akbar walillaahil hamd”

KOMENTAR FACEBOOK