Warga Kecewa, PLN Minta Maaf. Ombudsman: Lepas Saja dari Interkoneksi Listrik Sumetera

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Malam ini Rabu, (6/7/2026) sebagian besar wilayah Aceh gelap gulita karena matinya listrik. Listrik mulai padam pada pukul 20:30 wib, padamnya listrik ini tidak hanya menganggu acara silahturahmi dikalangan masyarakat biasa tapi beberapa kediaman pejabat Pemerintah Aceh juga menerima dampak pemadaman ini. Kepada aceHTrend, beberapa warga bertanya kenapa listrik mati dan malah ada yang meminta aceHTrend mencari tahu kenapa sampai mati listrik di malam lebaran.

“Panas kali ini, kenapa sih PLN matikan listrik, tolong cari tahu,” tanya Nita warga Banda Aceh. Keluhan yang sama juga datang dari Meulaboh dan Pidie Jaya. Mereka umumnya menyampaikan keluhan dan rasa kecewanya.

GM PLN Aceh Ir Bob Saril MEng MSc dalam pernyataan terkait matinya listrik di wilayah Aceh ini menyebutkan, penyebab pemadaman dikarenakan transmisi listrik pangkalan Brandan dan Langsa terkena petir sehingga sub sistem Aceh terlepas namun bertahan sebentar dan akhirnya mengalami pemadaman.

“Kami sedang merecovery sistem secepatnya,dan memohon maaf atas kejadian dan ketidak nyamanan ini,” ujar Bob Asril

Sementara itu kepala Ombudsman RI perwakilan Aceh DR.Taqwaddin Husin kepada aceHTrend mengatakan sudah saatnya kita tidak perlu tergantung pada interkoneksi dari Sumatera Utara.

“Terkait seringnya kita mengalami pemadaman listrik ini, seperti adanya interkoneksi yang disambar petir di Pangkalan Brandan dan Langsa sehingga menyebabkan padamnya listrik disebagian besar wilayah Aceh, maka menurut saya sudah waktunya masalah interkoneksi ini kita persoalkan,” ujar Taqwaddin Husin kepada aceHTrend.

Lebih lanjut menurut Taqwaddin perlu ada kajian dan analisis cermat, apakah interkoneksi masih tepat atau Aceh minta lepas saja dari interkoneksi listrik Sumatera.

“Saya mengharapkan Gubernur Aceh memberikan perhatian serius terhadap pelayanan listrik PLN yang merupakan kebutuhan masyarakat banyak,” pungkas Taqwaddin.

Saat berita ini meluncur, listrik sudah kembali hidup di Aceh Barat dan Pidie Jaya. Begitu juga dengan Banda Aceh, dibeberapa lokasi sudah hidup, namun di beberapa lainnya masih tetap padam. []