Inikah “Jodoh Politik” Illiza?

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Dinamika politik Pilkada terus menggeliat, termasuk di Kota Banda Aceh. Seperti suasana jelang pesta kawin, hal yang paling gencar dibicarakan adalah siapa yang segera dikawinkan?

Di Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Jamal adalah salah satu sosok yang terus menjadi perbincangan. Selain sosok yang akrab disapa Bunda itu, ada juga Irwan Djohan, Aminullah Usman, dan bahkan sosok politisi dari pohon beringin, Sulaiman Abda.

Dari semua kandidat, wajar bila Illiza menjadi sosok yang paling banyak diperbincangkan perihal jodoh politiknya. Selain sebagai petahana, Illiza juga sosok politisi perempuan, yang secara survey dikabarkan sedang paling tinggi diantara bakal calon lainnya.

Menurut kabar dari sumber terpercaya, Illiza juga sedang melirik siapa bakal calon pendamping yang menemaninya di “pelaminan” Pilkada Kota. Kabarnya, Illiza tidak hanya sedang membangun keakraban di kalangan internal PKS, tapi juga sedang mencoba melirik beberapa sosok dari Golkar. Dan, yang terakhir, pesona sejumlah tokoh dari Partai Demokrat juga berkemungkinan untuk bersanding dengan Illiza.

Berpasangan dengan politisi dari Partai Demokrat memang patut untuk dipertimbangkan Illiza. Jika ini terjadi, Illiza bukan hanya akan membangkitkan kenangan politik semasa digandeng Mawardy Nurdin, tapi juga akan menambah daya gempur politik di kota Madani. Bagaimanapun, posisi politik Partai Demokrat di Banda Aceh sangat utama, dibanding partai lainnya. Partai Demokrat pemilik kursi terbanyak di DPRK Banda Aceh, dan DPRK Banda Aceh sendiri dipimpin oleh kader Partai Demokrat. Posisi ini akan menjadikan kepemimpinan Illiza di masa akan datang lebih stabil dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan. Tapi, siapa politisi dari Partai Demokrat yang cocok berjodoh dengan Illiza?

Di Partai Demokrat Aceh, setidaknya ada tiga sosok handal, seperti Arief Fadillah, Yudi Kurnia dan Royes Ruslan. Aryos Nivada, pengamat politik dan keamanan, mengatakan ketiganya cocok untuk mendampingi Illiza di pelaminan Pilkada Banda Aceh. “Hanya saja, saya melihat sosok Royes Ruslan yang lebih komunikatif dengan Illiza,” kata Aryos sambil mengingatkan bahwa semuanya belum final dan masih mungkin berubah.

Hanya saja, Aryos juga menekankan, pentingnya politisi dari Partai Demokrat untuk mengusung kader sendiri sebagai bakal calon walikota. “Ini akan membangkitkan antusiasme politik warga sebab kenangan Mawardy Nurdin bagaimanapun masih sangat membekas,” ujar Aryos yang meminta semua kalangan untuk selalu menggunakan survey sebagai basis pemetaan politik.

Dari sebuah akun Instagram, sebuah foto Illiza dengan Royes Ruslan terlihat di pesta kawin ananda dari Khairul Badsyar dan Farid wajidi, 25 Mei 2016. Adakah ini isyarat bahwa keduanya bakal berjodoh di pelaminan Pilkada Banda Aceh?![]